UNIK…Hari ini Jam 11.25 di Semarang, Semua Benda Tak Miliki Bayangan

BNews—SEMARANG— Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, Kota Semarang akan mengalami fenomena hari tanpa bayangan pada hari ini Jumat (11/10) pukul 11.25.

Menurut Prakirawan BMKG Ahmad Yani Semarang, Muh. Syifa’ul Fuad, salah satu efek yang bakal terjadi adalah kenaikan suhu udara. Bahkan, kenaikannya bisa diatas rata-rata.

Advertisements


“Memang suhu udara menjadi lebih tinggi. Suhu maksimum di Kota Semarang dapat mencapai 36-37 derajat. Kemungkinan besok mencapai segitu juga,” ujar Syifa’ul Fuad saat dihubungi, kemerin.


Sementara itu, Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Semarang Iis W Harmoko mengatakan, fenomena hari tanpa bayangan atau kulminasi utama merupakan fenomena alam yang biasa terjadi setiap tahun.

Menurutnya, kulminasi utama merupakan peristiwa dimana matahari persis ada diatas, sehingga bayangan tegak lurus seolah tidak ada.

“Ini fenomena biasa, tidak perlu dikhawatirkan. Suhu udara yang cukup panas saat ini merupakan hal yang biasa. Karena rata-rata suhu tertinggi terjadi pada bulan Oktober,” jelas Iis.

Dia melanjutkan, fenomena ini juga terjadi di berbagai daerah lain. Termasuk di 35 kabupaten/kota yang ada di Jateng. Hanya saja waktunya berbeda-beda.

“Hari tanpa bayangan di Jateng dimulai hari Kamis ini. Daerah pertama yaitu Jepara dan berlanjut selama 4 hari dengan daerah yang berbeda. Empat hari beda daerah tergantung posisi mataharinya karena geser ke Selatan, jadi Utara lebih dulu,” bebernya.

Dikatakan, hari tanpa bayangan bisa terjadi 2 kali dalam setahun. Yakni ketika menjelang masuk musim hujan pada Oktober dan menjelang musim kemarau pada Februari. (Her/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: