UNIMMA Dampingi Program Kampung Cerdas Di Borobudur

BNews—MAGELANG-– Pandemi covid-19 yang masih belum terkendali sejak awal kemunculan dibulan maret 2020 sampai saat ini. Hal ini menyebabkan pembelajaran diberbagai jenjang Pendidikan khususnya di Sekolah Dasar masih menggunakan sistem Online (dalam jaringan).

Upaya tersebu terpaksa dilakukan sebagai salah satu usaha memutus matarantai penularan virus tersebut. Namun harus diakui, pembelajaran secara Online memiliki kelemahan, apalagi jika dilakukan secara terus-menerus.

Instruksi terkait hal-hal yang harus dilakukan siswa yang melalui HP atau Laptop mengakibatkan menjadi kurang aktif dalam menyampaikan aspirasi; dan pemikirannya, sehingga dapat mengakibatkan pembelajaran yang menjenuhkan.

Seorang siswa yang mengalami kejenuhan dalam belajar akan memperoleh ketidakmajuan dalam hasil belajarnya. Oleh karena itu diperlukan pendorong untuk menggerakkan siswa agar semangat belajar sehingga dapat memiliki prestasi belajar.

Melalui program “Kampung Cerdas” oleh Mahasiswa PGSD UNIMMA di Dusun Susukan Desa Tegalarum, Borobudur. Kelompok PLP (Pengenalan Program Persekolahan) II yang di dampingi oleh Kun Hisnan Hajron, M. Pd, Selaku Dosen Pembimbing Lapangan.

Untuk anggota ada Zaki, Orinda Saraswati, Faza Khusnu Saadah, Hana Alinazzahro’, Innama Khoirun Nisa, Indah Ratna Ningrum, Siti Nur Chasanah; Dera Anggra Ratnania

Pendampingan belajar ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan dan kemampuan yang dimiliki oleh setiap siswa. Karena setiap siswa memiliki kecerdasan yang berbeda-beda. Kegiatan ini termasuk dalam mata kuliah wajib bagi mahasiswa PGSD semester 7.  

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Saya sangat setuju dengan kegiatan yang mas dan mbak akan laksanakan di Desa kami. Sebab pada masa ini anak-anak mengalami kesulitan dalam belajar dan mereka memerlukan pendampingan seperti program yang akan dilaksanakan. Saya berharap pada saat melaksanakan kegiatan mas dan mbak tetap mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah”. Ujar Kepala Desa Tegalarum  Agus Ujiwantoro.

Menurut Howard Gardner, ada delapan bentuk kecerdasan atau disebut juga Multiple Intellegences (keceerdasan majemuk). Kecerdasan tersebut meliputi kecerdasan Musikal, Naturalis, Linguistik, Interpersonal, Intrapersonal, Visual Spasial, Logika Matematika, dan Kinestetik. Melalui kegiatan “Kampung Cerdas” ini anak diharapkan mampu mengembangakan dan mengetahui setiap kecerdasan yang dimilikinya.

Kegiatan PLP II ini dilaksanakan mulai tanggal 8 Desember 2020 sampai 9 Januari 2021. Selain kegiatan pendampingan belajar kita juga mengadakan kegiatan Fun Learning seperti cooking class, kreasi barang bekas, nature studi (jelajah tumbuhan), dan petualangan. Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 55 anak yang terdiri dari dua sekolah yaitu MI N 5 Magelang dan SD N Tegalarum.

Menurut Ibu Ruroh salah satu wali murid dari kelas 2 mengatakan bahwa “Saya sangat senang sekali dengan adanya kegiatan ini, karena sangat  memberikan dampak positif  bagi anak dan terutama saya sebagai orang tua. Sebab pada masa pandemi ini saya juga mengalami kendala dalam mendampingi pembelajaran anak di rumah”.

Adanya program “Kampung Cerdas” ini kami selaku mahasiswa PGSD UNIMMA telah berproses didalamnya. Dengan harapan agar kami sebagai calon pendidik lebih mengenal dan mengetahui kondisi siswa serta lingkungan belajarnya pada masa yang sedang darurat seperti saat ini. (adv)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: