Upacara Peringatan Hari KORPRI, Pemkab Magelang Serahkan Bantuan

BNews-MAGELANG- KORPRI dan seluruh ASN telah berhasil melakukan program-program yang sangat bermanfaat bagi masyarakat luas; salah satunya adalah keberhasilan dalam menghadapi masa Pandemi Covid-19 yang mendapatkan pujian dari dunia internasional.

“Selain itu, mereka juga telah melakukan inovasi dan reformasi struktural yang berdampak positif bagi masyarakat,” ungkap Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto, saat membacakan sambutan dari Dewan Pengurus KORPRI Nasional; Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) KORPRI ke-52; di halaman Setda Kabupaten Magelang. Upacara ini dihadiri oleh semua jajaran Forkompimda Kabupaten Magelang pada Rabu, 29 November 2023.

Selanjutnya, Adi melanjutkan bahwa peran aktif para ASN anggota KORPRI dalam mengendalikan inflasi dan menangani stunting sangatlah besar.

“Inflasi terus kami kendalikan dan stunting secara bertahap kami turunkan, dan Insya Allah pada tahun 2024 sudah sesuai target mencapai 14 persen atau bahkan lebih rendah dari itu. Sekali lagi, izinkan saya mengapresiasi dan berterima kasih atas dedikasi dan pengabdian dari 4,4 juta ASN dan seluruh keluarga besar KORPRI,” ujar Adi.

Adi menyatakan bahwa saat ini terjadi perubahan yang sangat cepat karena dua faktor utama, yaitu perkembangan teknologi dan harapan masyarakat yang terus meningkat. KORPRI harus dapat menghadapi dua faktor besar yang mengubah kehidupan ini.

Menurutnya, saat ini dunia sudah dikuasai oleh kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), Internet of Thing (IoT), Big Data, sistem dan algoritma pemrograman, coding, dan verifikasi biometrik, sehingga pemerintahan tidak lagi dapat dijalankan dengan cara-cara lama.

“Kita tidak boleh menyelesaikan masalah saat ini dengan pendekatan masa lalu. Kita harus menyelesaikan masalah yang ada saat ini dengan pendekatan terkini. Digitalisasi dalam proses, hasil layanan, dan pemasaran semua produk layanan pemerintahan merupakan kebutuhan,” ujarnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Harapan masyarakat terhadap pemerintah semakin meningkat. Masyarakat sangat mengharapkan pelayanan yang lebih cepat, lebih mudah, dan lebih akurat. Layanan saat ini harus dapat diakses secara online dengan cepat dan tepat.

“Oleh karena itu, saya meminta kepada KORPRI untuk dapat membaca dan menanggapi perubahan ini guna mengembangkan; birokrasi Indonesia agar dapat menjadi pendorong kemajuan Indonesia menuju Indonesia Emas 2045. Negara-negara maju telah menerapkan sistem meritokrasi dalam birokrasi mereka. Saya meminta para pengurus KORPRI; yang sebagian besar adalah Sekretaris Jenderal, Sekretaris Menteri, dan Sekretaris Daerah, untuk menerapkan sistem meritokrasi dalam birokrasi,” tuturnya.

Menurutnya, hal ini sangat penting agar birokrasi Indonesia menjadi semakin baik.

“Meritokrasi harus didasarkan pada kompetensi, kualifikasi, dan kinerja yang diterapkan secara adil, wajar, transparan, dan tanpa diskriminasi,” ujarnya.

Adi berharap sistem meritokrasi ini dapat segera terwujud dan memudahkan pengembangan karir ASN di satu kementerian; kabupaten, provinsi, atau bahkan pindah ke kementerian, kabupaten, atau provinsi lain.

Hal ini harus dilakukan karena tujuan Meritokrasi adalah merekrut ASN secara profesional, mengembangkan; kompetensi ASN, memberikan kepastian karir ASN, melindungi karir ASN, mengelola ASN secara efektif dan efisien, serta memberikan penghargaan untuk memotivasi ASN.

Adi juga memberikan pesan kepada para ASN terkait dengan Pemilu dan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan; pada tahun 2024 mendatang, karena acara besar ini selalu dikaitkan dengan netralitas ASN dan netralitas KORPRI.

“Ini adalah proses demokratisasi terbesar di dunia yang harus kita berhasilkan bersama. Saya percaya bahwa KORPRI; sebagai organisasi yang telah banyak menghadapi Pemilihan Presiden dan Pilkada, sudah sangat memahami dan terlatih; untuk tetap berada dalam posisi netral dan setia kepada Negara, Pancasila, dan Undang-Undang Dasar 1945,” tutup Adi.

Pada kesempatan yang sama, juga diserahkan beberapa bantuan, antara lain beasiswa siswa SD/MI kepada siswa berprestasi; atas nama Ghazali Syair Assauqi sejumlah Rp1 juta, bantuan kepada 60 anggota KORPRI yang sedang sakit; masing-masing sebesar Rp500 ribu, serta bantuan sosial berupa 800 paket sembako. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: