Vaksin Covid Baru Tiba, Menkes : Nakes Sasaran Pertama Divaksinasi

BNews—NASIONAL—Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memastikan tenaga kesehatan akan mendapatkan vaksin Covid-19 terlebih dahulu. Usai sebanyak 1,2 juta dosis vaksin Sinovac tiba di Indonesia, Minggu (6/12/2020).

Dia menyebut, sasaran untuk vaksin kiriman pertama itu adalah tenaga kesehatan. ”Ada juga untuk asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang, yang bekerja pada fasilitas-fasilitas pelayanan kesehatan,” ujar Terawan melalui siaran live streaming lewat kanal YouTube Kemkominfo TV, Senin (7/12/2020).

Dia menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan data sasaran dan kebutuhan per kabupaten/kota. ”Yang selanjutnya data tersebut dimasukkan dalam sistem informasi PCPEN yang akan menyiapkan data sasaran by name by address,” imbuhnya.

Namun pelaksanaan vaksinasi belum dilakukan beberapa hari ke depan. Pemerintah, kata Terawan, bakal memberikan vaksin yang telah terbukti aman dan lolos uji klinis WHO.

”Vaksin akan segera dilakukan persetujuan untuk penggunaan emergency use of authorization oleh BPOM sesuai dengan saintifik dan ketentuan perundang-undangan,” katanya.

Sebelumnya, diketahui bahwa pemerintah telah menerima 1,2 juta vaksin virus Corona yang dibuat Sinovac. Vaksin tiba melalui Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Minggu (6/12/2020). (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: