Warga Temukan Mahkota Saat Menambang Pasir, Diduga Milik Raja

BNews—NASIONAL— Pulau jawa dikenal memiliki banyak kerjaaan pada jaman dahulu. Salah satu buktinya adaah penemuan seorang penambang pasir di Kabupaten Blitar, kemarin.

Fendri, warga Desa Candirejo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar menemukan sebuah mahkota. Berbahan tembaga.

Dia menemukan mahkota itu dari sungai yang ada di belakang rumah. Saat itu dia sedang menggali pasir.

Kepala Disporbudpar Kabupaten Blitar Suhendro Wibisono mengatakan, mahkota yang memiliki motif naga melingkar ini terbuat dari tembaga dan mulai usang dimakan usia.


“Mahkota ini memiliki berat sekitar 2 kilogram dengan tinggi 30 centimeter dan diameter 60 centimeter. Kini mahkota ini jadi tontonan warga sekitar yang penasaran dengan penemuan mahkota ini,” kata dia, kemarin (15/4/2020).

DPD PKS Magelang Ramadhan


Menurut dia, Fendri menemukan mahkota ini tidak jauh dari candi cilik yang ada di desanya. “Untuk memastikan asal usul mahkota Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Blitar akan mengundang Balai Pelestari Cagar Budaya Trowulan untuk meneliti mahkota ini,” ujarnya.


Desa Candirejo, kata dia, memiliki banyak candi peninggalan mulai zaman Kerajaan Kediri hingga Majapahit. Bahkan di Blitar juga banyak ditemukan petilasan Raden Wijaya pendiri Kerajaan Majapahit. (wan/her)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: