IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Waspada, Obat Herbal Ini Justru Bahaya Bagi Penderita Kanker

BNews—HEALTH— Memberikan obat alternatif bagi pasien penderita kanker sepertinya tidak bisa sembarangan. Karena bisa jadi memperparah penyakit.

Meski alami, penggunaan produk herbal sering kali justru merugikan pasien kanker. Obat herbal berbahab dari bawang putih, jahe, dan ginkgo, misalnya, sekilas tampak sebagai produk alami yang aman.

Akan tetapi, penggunaan pil-pil dari bahan-bahan alami ini justru dapat menghambat penyembuhan luka pada kulit ketika kanker payudara menyebar.

Hingga saat ini, banyak ragam produk dan krim herbal yang belum teruji secara ilmiah mengklaim dapat memberi manfaat bagi pasien kanker. Oleh karena itu, pasien kanker sebaiknya menghindari penggunaan produk-produk herbal bila belum didukung oleh bukti ilmiah.

“Dokter juga perlu lebih proaktif menanyakan pasien mereka, mengenai produk apalagi yang mereka gunakan ketika sedang menjalani terapi kanker,” jelas dokter bedah dari Champalimaund Cancer Centre di Lisbon, Portugal, Prof Maria Joao Cardoso, seperti dilansir BBC.

Pasien yang tertarik untuk menjalani terapi tambahan non medis juga sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Karena produk herbal yang terkesan aman dapat menganggu terapi medis yang sedang dijalani pasien.

Ada banyak produk herbal yang dapat mengganggu terapi hormon maupun kemoterapi. Beberapa produk juga ada yang bisa memperlama proses pembekuan darah sehingga waktu yang dibutuhkan untuk menyembuhkan luka menjadi lebih lama. Beberapa contoh herbal yang dapat memperlama proses pembekuan darah adalah bawang putih, ginkgo, ginseng, kunyit, hingga feverfew (Tanacetum parthenium). (wan/co)

Loading...
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: