WhatsApp Bakal Terapkan Aturan Baru, Ini Risiko Bagi Yang Menolak

BNews–TEKNO– Sebuah aplikasi percakapan di smartphone yang paling populer ini akan menerapkan aturan baru. WhatsApp bakal menerapkan aturan baru mengenai privasi data mulai 15 Mei 2021.

Pengguna yang menolak aturan baru WhatsApp akan menerima konsekuensinya, terutama soal penggunaan aplikasi pesan dan semua fitur di dalamnya.

Dilansir dari situs resmi WhatsApp, operator aplikasi tersebut sudah memperpanjang waktu bagi pengguna untuk meninjau perubahan aturan privasi data tersebut. Yakni sesuai dengan kenyamanan masing-masing hingga 15 Mei 2021.

“Jika Anda belum menerimanya, WhatsApp tidak akan menghapus akun Anda. Namun, Anda tidak akan bisa mengakses fungsi dan fitur WhatsApp secara maksimal sampai Anda menerimanya,” ujar WhatsApp dalam keterangan resmi seperti dikutip Senin (1/3/2021).

Dalam waktu dua minggu ke depan, WhatsApp mengatakan pengguna tetap dapat menerima panggilan dan pemberitahuan yang masuk ke dalam aplikasi.

 Namun, pengguna tidak akan bisa membaca atau mengirim pesan dari aplikasi yang ada di ponsel masing-masing.

Dilansir dari Techcruch, aturan baru WhatsApp mendapat reaksi dari jutaan penggunanya, termasuk terbesar mereka di India.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Gerakan uninstall WhatsApp muncul setelah peringatan dalam aplikasi mengatakan bahwa pengguna memiliki waktu hingga 8 Februari untuk menyetujui persyaratan privasi data terbaru.

Namun, WhatsApp mengatakan pembaruan privasi yang direncanakan telah menimbulkan kebingungan di antara beberapa penggunanya.

“Kami telah mendengar dari begitu banyak orang betapa banyak kebingungan seputar pembaruan terbaru kami. Ada banyak informasi yang salah yang menyebabkan kekhawatiran dan kami ingin membantu semua orang memahami prinsip dan fakta kami,” tulis WhatsApp dalam konten blog yang diunggah bulan lalu.

Berikut opsi yang bisa Anda lakukan terkait aturan privasi WhatsApp terbaru

  1. Pengguna masih dapat menerima pembaruan setelah 15 Mei 2021.
  2. Sebelum 15 Mei, pengguna dapat mengekspor riwayat obrolan Anda di Android atau iPhone, dan mengunduh laporan akun WhatsApp.
  3. Jika pengguna ingin menghapus akun di Android, iPhone, atau KaiOS, WhatsApp berharap pengguna mempertimbangkannya kembali. Ini adalah sesuatu yang tidak dapat dikembalikan karena akan menghapus riwayat pesan, semua grup, dan data cadangan di akun WhatsApp.
  4. Jika Anda memerlukan bantuan untuk mengunduh (download) laporan akun atau menghapus akun, pengguna dapat menghubungi kontak resmi WhatsApp. Secara terpisah, kebijakan WhatsApp yang terkait dengan pengguna yang tidak aktif akan berlaku.

(*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: