Puluhan Ogoh-Ogoh Raksasa Ramaikan Kirab Budaya Desa Candirejo Borobudur

BNews–MAGELANG– Puluhan ogoh-ogoh ramaikan Kirab Budaya Desa Candirejo Kecamatan Borobudur pada Jumat siang (26/8/2022). Para peserta kirab berasal dari 15 Dusun yang berada di Desa tersebut.

Ogoh-ogoh raksasa berbagai bentuk meriahkan kirab tersebut. Mulai yang berbentuk anoman obong, kera, burung garuda hingga berkatan raksasa ditampilkan oleh peserta kirab.

Kepala Desa Candirejo, Singgih Mulyanto, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan HUT RI ke 77 tahun 2022.

“Kegiatan ini diikuti 15 Dusun se Desa Candirejo, dimana karnaval kirab budaya ini juga merupakan lomba untuk dipilih peserta terbaik dalam kreatifitas. Dimana pemenang kirab memperebutkan hadiah Rp 10 juta, selain itu untuk jalan sehat juga ada hadiah sepeda motor,” katanta.

Singgih mengatakan, kegiatan tersebut diinisiasi oleh Pemuda Desa Candirejo, yang merupakan kali pertama digelar pemuda sebagai panitia.

“Kalau Kirab Budaya yang diselenggarakan oleh Desa Candirejo sudah berkali-kali, namun yang diselenggarakan oleh Pemuda Desa baru kali pertama ini. Selain itu juga ada event Saparan yang digelar dalam wujud karnaval Kirab Budaya, yang bertujuan untuk menarik minat pariwisata,” terang Singgih.

Rute yang ditempuh peserta Karnaval Kirab Budaya hanya mengambil rute keliling Desa Candirejo. Mulai dari Pasar Candirejo yang kemudian melintasi panggung kehormatan dan diberikan penilaian oleh Dewan Juri dan finish di Sangen.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Juri diambil dari luar, yang benar-benar paham dengan unsur kreatifitas. Dan peserta banyak yang menampilkan unsur budaya termasuk kampanyekan menjaga kebersihan lingkungan dari Bank Sampah,” tandasnya.

Untuk juri sendiri berasaldari berbagai unsur yang berbeda. Yakni dari PWI Kabupaten Magelang, Disparpora Kabupaten Magelang dan GenPi Magelang.

Dan pemenang kirab sendiri diumumkan pada malam harinya. Dan sebagai juara pertama dari Dusun Sangen, Juara Kedua Desa Kaliduren, dan Juara Ketiga dari Dusun Wonosari.

Dan untuk juara harapan satu sampai keempat secara berutuan adalah kirab dari Dusun Butuh, Brangkal, TPS3R Candirejo dan Pucungan. (bsn)

VIDEO LIVE :

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: