WOW !! 5 Kota Terpadat Di Jawa Tengah Salah Satunya Magelang

BNews–JATENG– Kepadatan penduduk yang tinggi di sebuah kota atau kabupaten sering menjadi sebuah pangkal dari berbagai masalah sosial.

Harga tanah, kecukupan bahan pangan, ketersediaan lapangan kerja, hunian tidak layak huni, hingga risiko kebakaran menjadi masalah yang berpotensi untuk muncul.


Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, Jawa Tengah merupakan provinsi dengan kepadatan penduduk nomor 5 di Indonesia.

Berdasarkan data di 2021, kepadatan penduduknya mencapai 1.120 jiwa setiap km2.

Kepadatan penduduk di Jawa Tengah berada di bawah DKI Jakarta yang mencapai 15.978 jiwa/km2, Jawa Barat dengan kepadatan 1.379/km2; Banten dengan kepadatan 1.248 jiwa/km2, dan DIY dengan kepadatan 1.185 jiwa/km2.

Adapun kepadatan di Jawa Tengah sendiri juga tidak merata. Ada daerah yang sangat padat dan ada pula daerah yang terhitung tidak padat penduduk.

Uniknya, Ibu Kota Jawa Tengah, Kota Semarang, ternyata justru bukan daerah terpadat di Jawa Tengah.

Berikut ini daftar 5 kota/kabupaten terpadat di Jawa Tengah menurut data BPS pada 2021.

  1. Surakarta atau Kota Solo

Surakarta atau Solo adalah kota terpadat di Jawa Tengah. Kota kelahiran Presiden Joko Widodo ini terdapat angka kepadatan penduduk yang mencapai 11.361 jiwa per kilometer persegi dengan jumlah penduduk sebanyak 522.728 jiwa di tahun 2021.

Dengan angka tersebut, kepadatan penduduk di Kota Solo tidak jauh berbeda dengan kepadatan rata-rata di DKI Jakarta

Jumlah penduduk akan terus meningkat karena banyaknya pendatang baru seperti wisatawan, mahasiswa, bahkan pekerja yang menetap di Kota Surakarta, sehingga kota ini menjadi padat penduduk.

  1. Kota Magelang

Kota Magelang adalah kota terkecil di Jawa Tengah yang memiliki julukan Kota Sejuta Bunga, namun menempati posisi kota terpadat setelah Solo.

Kota yang memiliki posisi strategis karena berada di jalur utama yang menghubungkan ibu kota Provinsi Jawa Tengah yaitu Kota Semarang dengan DIY, Yogyakarta.

Kepadatan penduduk di Kota Magelang mencapai 7.572 jiwa per kilometer persegi di tahun 2021 dengan jumlah penduduk sebanyak 121.610 jiwa.

  1. Kota Tegal

Tegal dikenal dengan Kota Bahari karena wilayah Kota Tegal berada di pesisir pantai utara Jawa. Dulunya, kota ini pernah menjadi cikal bakal berdirinya Korps Marinir pada 15 November 1945 yang tercatat di Pangkalan IV ALRI Tegal.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Kota Tegal memiliki angka kepadatan penduduk yang mencapai 6.950 jiwa per kilometer persegi dengan jumlah penduduk 275.781 jiwa di tahun 2021.

  1. Kota Pekalongan

Kota ini berada di jalur pantura atau Jalur Pantai Utara yang menjadi pelabuhan terpenting di Jawa Tengah. Tidak hanya itu, Kota Pekalongan terkenal dengan batiknya dan merupakan kota pertama di Indonesia juga kota Asia Tenggara pertama yang menjadi bagian dari jaringan Kota Kreatif UNESCO.

Pada tahun 2021, angka kepadatan penduduk Kota Pekalongan mencapai 6.813 jiwa per kilometer persegi dengan jumlah penduduk 308.310 jiwa.

  1. Kota Semarang

Kota Semarang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Tengah sekaligus menjadi kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bandung.

Pada tahun 2021, angka kepadatan penduduk Kota Semarang mencapai 4.432 jiwa per kilometer persegi dengan jumlah penduduk 1.656.564 jiwa. Angka penduduk di Kota Semarang akan terus meningkat, selain sebagai kota perdagangan, Semarang juga menjadi kota jasa pariwisata.

Perkembangan menjadi kota jasa ini akan ditunjang sarana transportasi udara dengan Bandara Ahmad Yani yang statusnya ditingkatkan menjadi Bandara Internasional, begitu juga dengan transportasi darat berupa kereta api dan bus. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: