Yuk Berkunjung ke Lab Seni PGSD UNIMMA, Banyak Karya Karya Keren

BNews–MERTOYUDAN– Laboratorium Seni Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) telah dibangun. Tujuannya untuk menunjang kegiatan perkuliahan mahasiswa mata kuliah Pendidikan Seni.

Pembangunan gesung tersebut merupakan ide dari Kaprodi PGSD yang saat ini dijabat oleh Ari Suryawan. Awal bulan Februari tahun 2020 ini terealisasikan.

Kepala Laboratorium Seni PGSD, Agristo Bintang Pradana mengatakan latar belakang pembangunan lokasi tersebut yakni sebagai ciri khas prodi PGSD. “Ciri itu adalah pengembangan pembelajaran berbasis Multiple Intellegenci. Dimana seni pun dikembangkan disitu jadi untuk memfasilitasi mahasiswa kita untuk mengembangkan imajinasi, kreatifitas kita upayakan dalam pembangunan Laboratorium Seni ini,” katanya.

Proses pembangunan lokasi tersebut, lanjutnya dilakukan secara  dua tahap periode yang sudah dijalankan. “Periode pertama fokus pada desain seni rupa, mengupayakan pewarnaan dinding ruangan, plotting terkait peralatan seni lukis dan sebagainya. Periode selanjutnya fokus pada instrumen musik dan seni tari contohnya pemasangan kaca yang besar untuk memaksimalkan potensi tari,” ungkapnya.

Menurutnya, Kedepannya Laboratorium oratorium Seni akan dilengkapi dengan disconfis visual/ desain visual. “Itu semacam studio mini yang bisa digunakan untuk membuat green screen kemudian pemberian camera, pengeras suara, microphone. Dengan harapan mahasiswa dapat memaksimalkan potensi dan kreatifitas mereka untuk membuat video pembelajaran, desain pembelajaran dan memperagakan karya seni mereka secara visual,” ujarnya.

Sementara untuk letak Laboratorium  seni ini berada di kampus 1 Unimma. Tepatnya di ruang C9 bersampingan dengan Laboratorium  Multiple Intellingence Respon.

Sementara dan tanggapan dari rekan dosen dan dekan atas pembangunan Laboratorium  Seni ini sangat positif. Mereka juga merasa bangga dengan apa yang sudah dimiliki terus berupaya untuk memfasilitasi mahasiswa, bekerja bersama, berkreatifitas bersama, berkreasi bersama melalui salah satunya dengan dibangunnya Laboratorium  Seni.

Loading...
DOWLOAD MUSIK KEREN (KLIK DISINI)

Soft Lounching Laboratorium oratorium Seni ini akan diadakan pada bulan September bertepatan dengan awal perkuliahan tahun akademik baru. Untuk Lounching yang sebenarya akan diadakan saat semua Laboratorium oratorium ini sudah selesai dibangun.

“Besok akan di soft lounching bersamaan dengan Laboratorium  IPA, Laboratorium  Seni, dan Laboratorium  Multiple Intelligence, Laboratorium  Micro Teaching; Laboratorium  IPS,” imbuh Bintang.

Perlu diketahui, Laboratorium  Seni merupakan suatu keunggulan dari prodi PGSD Unimma. Kaprodi, Ka Laboratorium  dan dosen-dosen yang lain berupaya untuk memaksimalkan potensi mahasiswa dan memfasilitasi potensi yang tersebut.

“Tidak hanya untuk mahasiswa PGSD Unimma yang diperbolehkan menggunakan Laboratorium  ini untuk kegiatan perkuliahan. Namun guru-guru, praktisi, dan sekolah-sekolah mitra,” ucapnya.

Selain itu Laboratorium  seni ini juga menyediakan berbagai pelayanan peminjaman alat-alat musik dan pemakaian peralatan. Sesuai dengan tujuan dibangunnya Laboratorium  seni yaitu memberikan pelayanan.

“Pelayanan yang diberikan  berupa peminjaman instrumen musik, instrumen tari  dan intrumen rupa. Maka semua peralatan yang ada di Laboratorium  Seni ini boleh dipinjam baik oleh mahasiswa maupun dari luar, tentunya sesuai prosedur yang sudah ditentukan,” ungkapnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Pembangunan Laboratorium  Seni ini tentunya tidak selalu berjalan mulus ada juga kendalanya. “Sempat ada kendala dalam prosesnya, salah satunya nagaimana  mengatur bidang-bidang seni yang kita cakup disitu. Sebab seni ada berbagai cabang diantaranya ada Seni Musik, Seni Rupa, dan Seni Tari,” paparnya.

Sehingga lanjutnya hal tersebuti menjadi suatu hambatan namun juga sebagai tantangan untuk prodi agar ketiga bidang tersebut bisa berjalan bersama dan seimbang.

Laboratorium  Seni PGSD Unimma ini ada berbagai item, cenderung menampilkan hasil-hasil karya mahasiswa konsentrasi seni. Sudut seni musik ada berbagai instrumen musik baik itu tradisional atau modern.

Kemudian di pojok seni tari ada berbagai perangkat peralatan menari, kostum-kostum tari. Sudut seni  rupa ada karya-karya mahasiswa berupa poster, lukisan, serta pajangan-pajangan yang bisa digunakan untuk pajangan saat kegiatan pameran.

Bintang juga berharap  atas dibangunnya lokasi tersebut agar semua dapat menggunakan fasilitas itu. “Ya, kedepan agar semua bisa memanfaatkannya secara maksimal dan tetap menjaga kebersihan. Tidah hanya itu, pengguna juga mampu merawatnya, karena jangan lupa itu milik kita, kita gunakan bersama kita jaga bersama,” pungkasya. (*adv)

Penulis : Orinda Saraswati

Mahasiswi: Semeter 6 , PGSD Universitas Muhammadiyah Magelang

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: