1000 Bibit Pohon Untuk Kabupaten Magelang Dari Menko PMK

BNews–MAGELANG– Saat kunjungannya di Magelang, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI, Muhadjir Effendy juga memberikan bantuan. Yakni berupa 1.000 bibit pohon di Kabupaten Magelang (31/7/2022).

Menko PMK RI, Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa sekarang ini Pemerintah melalui Kemenko PMK sedang memiliki program Menanam 10 juta pohon dengan target akan rampung pada akhir tahun 2022 ini.

“Kalau nanti sebelum akhir tahun target sudah tercapai akan kita naikan 100 juta pohon,” ujar, Muhadjir Effendy.

Bukan tanpa sebab, program penanaman 10 juta pohon yang digalakkan oleh Kemenko PMK ini adalah sebagai upaya mitigasi bencana, pengendalian perubahan iklim, dan mengatasi kekurangan bahan pangan serta menanggulangi Global Warming (Pemanasan Global) efek rumah kaca yang kian hari kian mengkhawatirkan.

Muhadjir Effendy mengatakan, dampak dari Global Warming saat ini salah satunya gunung-gunung es di Kutub Utara mulai meleleh kurang lebih 5 juta kubik perharinya sehingga mengakibatkan permukaan air laut mulai naik.

“Akhir- akhir ini saya mulai menghitung sudah ada berapa pulau yang tenggelam akibat naiknya permukaan air laut ini,” katanya.

Menurutnya dengan terjadinya Global Warming, ke depan juga akan berdampak sangat buruk bagi hasil pertanian sehingga apabila tidak segera dilakukan penanggulangan sedini mungkin bisa menimbulkan krisis pangan.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Maka saya minta masyarakat untuk gemar menanam pohon sehingga bumi ini bisa tetap lestari,” tuturnya.

Sementara, Bupati Magelang Zaenal Arifin berharap dengan kehadiran Menko PMK RI ini bisa memberikan spirit; dan semangat dalam membangun dan merawat Kabupaten Magelang. Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh Menko PMK berupa 1.000 bibit pohon.

“Ada sisi simbolis dan pesan dari Pak Menko PMK ini agar kita harus tetap menjaga keseimbangan dan kestabilan alam kita,” kata, Zaenal.

Pada kesempatan yang sama, Zaenal juga memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pimpinan Cabang Muhammadiyah; yang telah memberikan kepedulian dan perhatian yang begitu besar terhadap kelestarian lingkungan hidup dengan kegiatan penanaman pohon ini.

Selaras dengan program penanaman pohon ini, Pemerintah Kabupaten Magelang juga telah memiliki program ‘Jogo Tuk’. Program Jogo Tuk dimunculkan sebagai langkah konservasi atau sebagai upaya untuk menjaga dan merawat sumber mata air agar tetap lestari.

“Program Jogo Tuk merupakan program jangka panjang berupa penanaman pohon, pembuatan sumur resapan, dan biopori. Kita berharap melalui program ini pada akhirnya bisa menjaga kelestarian utamanya sumber-sumber mata air yang ada di Kabupaten Magelang,” beber, Zaenal. (bsn)

IKUTI KAMI BOROBUDUR NEWS DI GOOGLE NEWS (KLIK DISINI)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: