1,14 Juta Pendaftar Kartu Pra Kerja Lolos Evaluasi Pertama, Pelajari Syaratnya

BNews—NASIONAL— Minat masyarakat mendapatkan kartu pra kerja sangat tinggi. Lebih dari 3,55 juta pendaftar di gelombang I dan ada 1,14 juta yang dinyatakan lolos.

Mereka yang lolos merupakan tahap verifikasi email program Kartu Prakerja. Untuk pendaftaran peserta gelombang pertama. Program andalan Presiden Joko Widodo ini bakal ditutup esok, Kamis (16/4/2020)

Padahal, untuk setiap gelombang, program tersebut hanya menerima 164.000 peserta. Lalu, bagaimana proses seleksi peserta yang lolos gelombang pertama dan berhak mendapatkan manfaat serta insentif program Kartu Prakerja?

Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja Panji Winanteya Ruky mengatatakan, manajemen pelaksana akan mendahulukan usulan penerima manfaat yang didata oleh Kementerian dan Lembaga (K/L).

Kemudian, pihak manajemen pelaksana akan melakukan verifikasi dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial untuk mendahulukan pihak-pihak yang belum mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah.

“Jika jumlah peserta (termasuk usulan K/L) lebih besar daripada slot kuota yang tersedia, maka dilakukan pengacakan sistem,” jelas dia.

Untuk peserta yang belum berhasil masuk ke gelombang pertama maka dapat masuk ke gelombang-gelombang selanjutnya tanpa harus melalui proses pendaftaran ulang. “Tapi harus secara aktif memencet tombol Gabung Batch lagi,” jelas Ruky.

Loading...

Sebagai informasi. peserta Kartu Prakerja akan mendapat insentif bantuan pelatihan dengan total Rp 3,55 juta atau Rp 3.550.000. Adapun rinciannya meliputi, biaya bantuan pelatihan Rp 1 juta, insentif penuntasan pelatihan Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan.  

Bantuan lainnya, yakni survei kebekerjaan Rp 150.000. Nantinya insentif itu akan ditransfer secara bertahap selama 3-4 bulan ke dompet digital atau e-wallet peserta program. Bantuan ini hanya akan diberikan sekali seumur hidup untuk peserta.

Pada umumnya, peserta yang boleh mendaftar merupakan angkatan muda pencari kerja dan para pekerja maupun pegawai. Artinya, semua warga yang berusia 18 tahun ke atas boleh mendaftar asal tidak sedang menjalani pendidikan (sekolah/kuliah). (her/wan)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: