Waspada, Beredar Tabloid Indonesia Barokah yang Memuat Provokasi

0
195
MEDIA : Inilah penampakan Tabloid Indonesia Barokah yang terdata di wilayah Kecamatan Dukun (23/1)--(Foto--bsn)
MEDIA : Inilah penampakan Tabloid Indonesia Barokah yang terdata di wilayah Kecamatan Dukun (23/1)--(Foto--bsn)

BNews—MUNGKID—Jajaran Bawaslu Kabupaten Magelang amankan ratusan tabloid yang mengundang keresahan masyarakat (23/1). Tabloid dengan nama “Indonesia Barakoh” ini diamankan di beberapa Desa di Kabupaten Magelang.

 

Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang,M Habib Saleh mengatakan bahwa ini merupakan intruksi Bawaslu Provinsi untuk mengamankan tabloid tersebut yang mana isinya diduga memuat isi tulisan yang memojokkan salah satu paslon capres dan cawapres yang maju pada Pemilu 2019. “Untuk temuan tabloid tersebut juga terjadi di Kabupaten Blora dan Sukoharjo, oleh karena itu kami melakukan pengecekan dan pendataan di wilayah Kabupaten Magelang. Segenap jajaran Panwas di tingkat Kecamatan kami terjunkan untuk melakukan pengecekan di wilayah masing-masing,” katanya (23/1).

 

Hasilnya, Bawaslu Kabupaten Magelang menemukan sebanyak 498 tabloid yang beredar di 161 masjid di 13 kecamatan di Kabupaten Magelang. “Jajaran kami berhasil mendata peredaran tabloid ini di Kecamatan Dukun, Ngluwar, Sawangan, Ngablak, Muntilan, Bandongan,Mertoyudan, Candimulyo, Kaliangkrik, Kajoran, Grabag, Tempuran dan Mungkid,” imbuhnya.

 

Habib mengaku pihaknya masih sebatas pendataan saja karena sejauh ini tabloid tersebut sejauh ini belum melanggar pidana pemilu. “Dewan Pers pun juga masih melakukan kajian ada tidaknya unsur pelanggaran yang ada pada tabloid tersebut,” paparnya

 

Dirinya juga memberikan himbauan kepada masyarakat khususnya di Magelang agar tetap tenang dan jangan mudah terpancing dengan penyebaran tabloid tersebut. “Kita jaga situasi tetap tenang dan kondusif sambil menunggu kajian resmi dari Dewan Pers,” pungkasnya. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here