5 Tips Menjaga Kesehatan Selama Liburan agar Tetap Bugar

BNews—KESEHATAN— Liburan dipercaya dapat memperbaiki suasana hati, memulihkan energi dan pikiran, hingga mendukung kesehatan fisik dan mental untuk jangka panjang. Namun Anda tetap harus waspada, sebab beberapa penyakit bisa saja terjadi jika Anda tidak menjaga kesehatan tubuh dengan baik. Misalnya diare karena makan atau minum sembarangan hingga dehidrasi karena kurang minum

Agar tubuh tetap sehat selama liburan, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan, yaitu:

1. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang

Liburan biasanya menjadi momen untuk mencicipi berbagai kuliner lokal di tempat yang dikunjungi. Hal ini boleh saja dilakukan asalkan Anda tetap memperhatikan asupan kalori dan nutrisi yang dikonsumsi, ya.

Pastikan Anda mencukupi asupan sayuran dan buah-buahan, serta memilih camilan yang sehat dan praktis, misalnya biskuit gandum, untuk bekal selama perjalanan. Selain itu, batasi pula makanan yang tinggi lemak, gula, dan garam agar Anda tetap sehat selama liburan.

2. Memperbanyak minum air putih

Penting untuk mencukupi kebutuhan cairan selama liburan agar tubuh tetap terhidrasi dan aktivitas liburan pun berjalan lancar. Orang dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 8 gelas air per hari, sedangkan anak-anak minum air sekitar 7 gelas per hari.

Selama berlibur, pastikan Anda dan keluarga mengonsumsi air mineral kemasan sehat dan berkualitas, yang berasal dari sumber alam yang murni dan terlindungi, dan prosesnya dilakukan tanpa tersentuh tangan manusia sehingga terjaga kemurnian dan kebersihannya, serta mudah dan ringan dimasukkan ke dalam tas sehingga praktis dibawa ke mana saja.

3. Menyempatkan waktu untuk berolahraga

Liburan bukan berarti Anda bebas untuk tidak berolahraga. Luangkanlah waktu sekitar 150 menit per minggu untuk berjalan kaki, joging, fitness, atau berenang. Jika memungkinkan, Anda juga bisa mengajak anak-anak untuk ikut berolahraga setidaknya 1 jam per hari.

Selain membakar kalori, olahraga dapat meredakan stres dan membuat tubuh menjadi lebih berenergi. Hal ini tentunya akan membuat Anda dan keluarga lebih bertenaga dan tetap sehat selama liburan.

4. Beristirahat yang cukup

Pastikan Anda dan keluarga tidur yang cukup selama liburan, yaitu sekitar 9 jam setiap malamnya. Tidur dan beristirahat yang cukup akan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih berenergi, tidak mudah lelah, dan tidak gampang sakit.

5. Mendapatkan vaksinasi

Guna mencegah penularan penyakit selama liburan, Anda dan keluarga dianjurkan untuk mendapatkan vaksin, seperti vaksin COVID-19 atau vaksin flu.

Selain vaksinasi, sering mencuci tangan dan membersihkan tubuh setiap selesai beraktivitas juga penting dilakukan untuk mencegah infeksi bakteri dan virus penyebab penyakit.

Beragam Manfaat Liburan

Liburan sekolah atau cuti sejenak dari pekerjaan merupakan cara terbaik untuk menjernihkan kembali pikiran. Selain itu, masih ada banyak manfaat liburan yang bisa didapatkan, antara lain:

1. Meredakan stres

Beban pekerjaan dan tekanan di kantor bisa memicu stres. Jika dibiarkan tanpa penanganan yang tepat, stres bisa berkembang menjadi depresi yang berujung pada masalah kesehatan lainnya. Tidak hanya oleh orang dewasa, stres juga bisa dialami oleh anak-anak karena banyaknya tugas sekolah.

Berlibur dapat membuat tubuh menjadi rileks dan meredakan stres fisik, sehingga perbaikan sel-sel dan jaringan di dalam tubuh juga bisa berlangsung lebih optimal. Hal tersebut akan berdampak pada peningkatan motivasi dan performa kerja.

2. Memperbaiki suasana hati

Liburan dapat memperbaiki mood yang buruk akibat tekanan pekerjaan atau nilai ujian sekolah yang tidak memuaskan. Bahkan, rasa bahagia ini bisa muncul sebelum pergi liburan dan bertahan setelah liburan usai.

3. Menjaga keharmonisan keluarga

Liburan yang dilakukan bersama anggota keluarga dapat menjaga keharmonisan keluarga. Menghabiskan waktu lebih lama dengan keluarga atau melakukan family time akan membuat Anda dan anggota keluarga lebih mengenal satu sama lain.

IKUTI BOROBUDUR NEWS di GOOGLE NEWS (KLIK DISINI)

4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Bekerja atau belajar terlalu keras tanpa istirahat yang cukup dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini bisa membuat Anda atau anggota keluarga terserang pilek, flu, bahkan gangguan kesehatan lainnya yang lebih serius.

Nah, liburan dapat mengistirahatkan tubuh dari padatnya rutinitas, sehingga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, liburan juga diketahui dapat membantu menurunkan kadar gula darah, meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), serta menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.

5. Mengembalikan fokus dan energi

Pekerjaan dan tugas sekolah yang tidak ada ujungnya bisa menurunkan fokus dan konsentrasi. Inilah pentingnya mengambil waktu untuk berlibur. Liburan dapat mengembalikan fokus dan energi tubuh, sehingga Anda dan anggota keluarga bisa menjadi lebih produktif dan energik saat kembali bekerja atau sekolah.

Jika liburan direncanakan dengan matang dan dilakukan dengan penuh rasa bahagia, beragam manfaat liburan tersebut tidak hanya bertahan selama beberapa hari, tetapi juga bisa berbulan-bulan.

Sekali lagi, tips di atas dapat Anda terapkan agar tubuh bugar dan tetap sehat selama liburan. Dengan demikian, manfaat liburan untuk kesehatan fisik dan mental bisa didapatkan dengan maksimal. Setelah kembali dari berlibur, Anda dan keluarga pun bisa segera kembali melakukan aktivitas sehari-hari dengan penuh semangat.

Jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air mineral yang cukup selama liburan, ya. Jika Anda atau anggota keluarga sampai mengalami gejala dehidrasi maupun gangguan kesehatan lainnya, sebaiknya periksakan diri ke dokter tanpa harus menunggu pulang dari berlibur. (*)

Sumber: alodokter.com

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!