6 Manfaat Investasi untuk Keuangan di Masa Depan

BNews-TIPS-Perencanaan keuangan yang tepat dengan menempatkan investasi sebagai salah satu perlindungan finansial di masa depan. Manfaat investasi sendiri untuk mengembangkan aset agar memiliki nilai tambah dari waktu ke waktu.

Baik itu untuk membangun rumah, pendidikan anak, atau menjamin finansial ketika terjadi inflasi. Hal ini karena investasi adalah kegiatan penanaman modal untuk mendapatkan keuntungan dengan adanya penambahan nilai aset.

6 Manfaat Investasi untuk Keuangan di Masa Depan

Investasi memiliki tujuan untuk mengembangka aset Anda agar nilainya dapat bertambah dalam jangka waktu tertentu. Tujuan lain dari investasi yaitu sebagai passive income.

Ada banyak cara investasi yang aman dan tepat dalam mengembangkan aset. Anda bisa memilih investasi saham untuk meningkatkan nilai aset yang tinggi, tetapi memiliki risiko yang cukup besar.

Untuk tingkat risiko yang rendah, namun tetap memiliki return tinggi bisa memilih Reksadana dan jenis investasi lainnya. Reksadana cocok untuk pemula yang baru memulai investasi.

Paling penting memahami apa saja manfaat yang akan Anda peroleh dengan menginvestasikan uang yang dimiliki. Berikut ini manfaat dari investasi, yaitu:

1. Passive Income

Memiliki penghasilan tanpa harus bekerja, bukan hal yang tidak mungkin. Melalui investasi, Anda dapat memiliki penghasilan dari waktu ke waktu tanpa harus bekerja.

Terutama jika Anda memiliki modal besar, Anda bisa memilih berbagai jenis investasi yang memberikan keuntungan besar. Begitu juga untuk pemula, dengan modal yang dimiliki saat ini tetap bisa mendapatkan passive income, setiap bulan bahkan setiap tahunnya

2. Perlindungan dari Inflasi

Kondisi perekonomian secara global dapat mempengaruhi inflasi yang membuat harga barang maupun jasa menjadi tinggi. Dari sejarah, inflasi dapat memporak-porandakan ekonomi suatu negara.

Agar terhindar dari inflasi ini, maka harus mulai lebih dini untuk mengembangkan aset dengan investasi. Dengan begitu, ketika ada inflasi kondisi finansial tetap terlindungi.

3. Membantu dalam Mencapai Tujuan Finansial

Investasi dapat Anda manfaatkan untuk mencapai tujuan finansial. Misalnya dalam waktu 5 tahun ke depan berencana membangun atau membeli rumah, maka modal yang Anda miliki saat ini dapat bertambah jika di investasikan terlebih dahulu.

Dengan investasi ini, Anda tidak perlu pusing mencari modal tambahan untuk memiliki rumah sendiri. Begitu juga jika Anda memiliki tujuan finansial lainnya, maka investasi menjadi jalan terbaik untuk menambah nilai aset.

4. Financial Freedom

Financial Freedom adalah istilah yang merujuk pada kebebasan finansial tanpa harus bekerja. Mewujudkan financial freedom, maka bisa memulai dengan investasi. Keuntungan dari investasi membuat Anda tidak pusing dengan biaya hidup sehari-hari. Hal ini karena uang yang bekerja untuk Anda, bukan sebaliknya.

5. Memperoleh Keuntungan dari Efek Compounding

Ketika Anda berinvestasi maka akan mendapatkan bunga atau keuntungan karena adanya penambahan nilai. Dari keuntungan yang Anda peroleh dapat dapat diinvestasikan kembali. Dengan begitu, aset Anda akan terus bertambah banyak dari waktu ke waktu. Efek Compounding ini juga menguntungkan untuk segera mencapai kebebasan finansial.

6. Melatih Mengelola Keuangan dengan Baik

Ketika Anda memiliki penghasilan dan tidak dikelola dengan baik, maka yang terjadi adalah tidak memiliki tabungan. Ini akan berbahaya ketika ada hal tidak terduga, dan membutuhkan dana dalam waktu dekat.

Oleh karena itu, manfaat investasi dapat membantu Anda dalam melatih mengelola keuangan. Dalam hal ini Anda akan belajar untuk menyisihkan sebagian penghasilan untuk investasi.

Walaupun hanya 5% dari penghasilan Anda, alangkah baiknya untuk investasi. Dari 5% tersebut bisa menjadikan finansial terus bertambah sebagai passive income. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: