600 Personel Siap Tanggulangi Bencana di Magelang

BNews—MUNGKID—Dalam rangka Memperingati Hari Kesiapsiagaan (HKB) 2018 pada 26 April, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang menggelar Apel Siaga Penanggulangan Bencana dan Simulasi Penanganan Gempa Bumi pagi tadi (27/4). Berlokasi di Halaman Setda Kabupaten Magelang acara ini diikuti ratusan personil terdiri dari ASN, relawan se-Kabupaten Magelangdan dari unsur TNI Polri.

 

Dalam acara ini dibuka secara resmi oleh PJS Bupati Magelang Tavip Supriyanto. “Relawan merupakan peran yang sentral dan sangat membantu tugas Pemerintah Daerah dalam penanganan Bencana Alam,” katanya saat memberikan sambutan pagi tadi.

HKB 2018 : 600 peserta mengikuti apel kesiap siagaan bencana alam Kabupaten Magelang pagi tadi (27/4)--(Foto--Istimewa)
HKB 2018 : 600 peserta mengikuti apel kesiap siagaan bencana alam Kabupaten Magelang pagi tadi (27/4)–(Foto–Istimewa)

Kegianatn ini juga sepagai salah satu bentuk upaya singkornisasi, koordinasi antar instansi untuk memaksimalkan dalam penangan jika terjadi bencana. “Selain itu melalui simulasi yang dilakukan kita semua akan tahu sejauh mana kesiapan personil dan prasaranan dalam penanganan bencana,” imbuhnya.

 

“Saya harap semua relawan ataupun personil terkait, petugas terkait dan semua intansi terus melakukan latihan, agar jika sewaktu-waktu terjadi bencana sudah siap dan tahu harus melakukan apa,” tandasnya.

HKB 2018 : Peserta dari unsur Polri dan Penyandang Disabilitas juga ikut dalam apel kesiapsiagaan bencana pagi tadi (27/4)--(Foto--Istimewa)
HKB 2018 : Peserta dari unsur Polri dan Penyandang Disabilitas juga ikut dalam apel kesiapsiagaan bencana pagi tadi (27/4)–(Foto–Istimewa)

Apel Siaga dan Simulasi yang diikuti sekitar 600 personil dari berbagai unsur. Mereka juga berperan dalam simulasi bencana alam Gempa Bumi di lingkungan Pemda Magelang.

 

Mulai dari respon cepat jika terjadi gempa bumi, evakuasi, penangan korban dan recovery. Tenda pleton juga didirikan sekaligus beberapa prasaran penangan pengungsi. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: