612 Peserta Diklatsar Banser Dinyatakan Lulus Usai Digembleng di Lereng Sumbing

BNews–KAJORAN– Barisan Ansor Serba Guna (Banser) Kabupaten Magelang menggelar kegiatan pendidikan dan latihan dasar di Lereng Gunung Sumbing. Sebanyak 612 calon anggota digembleng tentang ke-NU-an dan Keindonesiaan.

Diklatsar Banser Kartika Nawa ke 27 tahun 2019 sejatinya diikuti 633. Namun, sampai akhir kegiatan selama tiga hari menyisakan 612 peserta.

“21 peserta dinyatakan tidak lolos,” kataPanitia Penyelenggara Diklatsar, Arif Sholikhan.

Selama Proses Diklatsar, peserta diajarkan beberapa materi. KeNUan, Ke Ansoran, ke Banseran, Bela Negara, PBB, Pengaturan lalu lintas, Militansi serta Wawasan Kebangsaan.

Ketua PC GP Ansor Kabupaten Magelang, Anas Munaji, mengatakan diklat bertujuan memberikan penguatan ke- NU-an dan Pancasila. “Jadi dengan proses ini dapat menyatukan ke-Indonesiaan dan ke-NU-an itu menjadi satu dan menjadi jalan untuk kita menjaga keutuhan negara supaya tidak dapat dipecahkan oleh siapapun, dan oleh paham apapun,” tegasnya.

Diklatsar sendiri digelar selama tiga hari mulai 13-15 September. Setelah melalui serangkaian pendidikan, mereka dinyatakan lulus.

Hadir dalam apel penutupan Diklatsar kemarin, Rois Syuriyah PBNU KH Said Asrori, Pengurus PCNU Kabupaten Magelang Ahmad Majidun, Ketua PC GP Ansor Anas Munaji, Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Banser Sularno.

DEMI NU : Enam ratus lebih anggota baru Banser selesai mengikuti Diklatsar 2019. (Foto : dok panitia)

Dalam arahannya, Kasatkorcab BANSER, Sularno berharap, Diklatsar dapat memperteguh Islam Ahlussunah wal Jama’ah an-Nahdliyah dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Apalagi mereka adalah kader harapan di masa mendatang.

Menurutnya, Diklatsar juga bagian ikhtiar menangkal radikalisme dan intolerasi. “Dan memang siapa saja yang ingin menjadi anggota Banser harus ikhlas, sehingga bisa memberikan pengabdian bagi agama bangsa dan negara,” tegasnya. (bn1/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: