70 Kasus Ular Kobra Masuk Rumah Ditemukan di Jogja

BNews—JOGJA— Awal musim penghujan memicu kemunculan ular kobra ke pemukiman warga. Di Jogjakarta, dalam rentan waktu November hingga kemarin (19/12) sudah terjadi 70 kasus temuan ular yang didominasi ular kobra .

“Sampai hari ini sudah lebih dari 70 ekor ular ditemukan di Jogja. Jenis ular yang ditemukan beragam mulai dari jali atau koros, kobra Jawa hingga piton,” ujar Aditya Dani dari komunitas pecinta reptil Animal Owners Sociaty (AOS) dilansir tirto.

Adit menambahkan, jenis ular yang paling banyak ditemukan di Jogja adalah kobra Jawa yang jumlahnya mencapai lebih dari 40 ekor, baik itu induk kobra maupun anakan kobra Jawa. Sedangkan lokasi penemuan ular menurut Adit lebih banyak ditemukan di Sleman Barat dan Bantul.

Sementara itu, beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah masuknya ular ke dalam rumah, antara lain.

1. Jangan Taburkan Garam

Menurut Wanda Ariesta Ketua Animal Owners Sociaty (AOS) Yogyakarta menaburkan garam untuk menghindari masuknya ular ke dalam rumah tidak akan efektif sebab ular kobra tidak takut terhadap garam.

“Jangan menyebarkan garam di sekitar rumah, ular tidak takut garam, itu hanya mitos belaka,” ujar Wanda.

2. Beri Pengharum

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah memberikan pengharum seperti pembersih kamar mandi di bagian pojok pintu atau tempat yang lembab di sekitar rumah Anda. Hal ini bisa menjadi salah satu cara ampuh sebab ular kobra tidak suka akan bau wangi yang menyengat.

3. Pastikan Lingkungan Bersih

Memastikan lingkungan tempat tinggal bersih dan tidak lembab bisa menjadi salah satu cara jitu untuk menghindari masuknya ular ke dalam rumah. Bersihkan tumpukan sampah dan cek saluran air juga perlu Anda lakukan, sebab ular sangat senang dengan lingkungan yang lembab.

4. Gunakan Kamper atau Kapur Barus

Kamper atau kapur barus adalah zat padat berwarna putih agak transparan serta memiliki aroma yang khas dan kuat. Anda bisa menghaluskan kapur barus kemudian menyebarkannya di sekitar rumah. (wan/her)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: