Agenda Rutin Pentas Kesenian Di TIC Borobudur Akan Digelar Secara Virtual

BNews–MUNGKID– Selama pandemi covid-19, berbagai event hiburan yang mengumpulkan masyarakat di Kabupaten Magelang tidak diperbolehkan. Termasuk juga pertunjukan rutin pentas kesenian di TIC Borobudur oleh Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang .

Namun Disparpora berinisiatif akan menggelar kembali pertunjukan kesenian rakyat sebagai salah satu bentuk promosi seni dan budaya Kabupaten Magelang. Karena masih pandemi covid-19, pertunjukan tersebut akan digelar secara virtual yang akan disiarkan langsung dari Gedung Kesenian TIC Borobudur.

Kepala Disparpora  Slamet Achmad Husein mengatakan pertemuan pembahasan teknis pementasan secara virtual sudah dilakukan beberapa waktu yang lalu. Pertemuan itu mengundang seluruh perwakilan Group Kesenian yang akan tampil secara virtual.

” Pementasan virtual ini adalah kelanjutan dari jadwal pentas sebelumnya yang dilakukan secara terbuka sebelum terjadi Covid19. Untuk itu akan kita lanjutkan kembali, namun tentu dengan cara virtual dan mengedepankan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19,” katanya (2/2/2021).

Menurutnya, Disparpora telah meminta ijin kepada Satgas Penanganan Covid19 Kabupaten Magelang terkait dengan pementasan virtual yang rencananya akan dilakukan mulai awal Februari 2021 ini.

” Pementasan virtual ini tanpa penonton. Jadi yang terlibat hanya penari dan pengiring sebanyak maksimal 25 orang dan kru pendukung,” imbuhnya.

Pementasan tersebut direncanakan akan digelar setiap akhir pekan selama satu tahun. Sebanyak 40 group kesenian yang terlibat dalam pementasan virtual tersebut.

DOWNLOAD APLIAKSI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

” Rencananya kita akan mulai pada 7 Februari 2021, namun kita akan melihat SE Gubernur (Jawa Tengah) terkait Gerakan Jawa Tengah Dirumah Aja. Jadi untuk pertama kali virtual akan diundur pada hari Rabu berikutnya rencananya,” ujarnya.

Husein juga berharap walaupun masih dalam situasi Pandemi Covid-19, para pelaku seni dapat tetap berkreasi dan berkarya untuk kemajuan industri seni dan atraksi wisata di Kabupaten Magelang.

Untuk pemenatasan virtual sendiri akan disiarkan langsung oleh beberapa akun besar instargam di Magelang dan media sosial lainnya. Mereka akan secara bergantian melakukan siara langsung di akun sosial media.

Selain akun resmi Disparpora Kabupaten Magelang @officialwisatamagelang akan ada 10 akun lainnya yang akan melakukan siaran langsung. Mereka yakni @magelanggayeng, @magelang_raya, @inimagelangku, 21 Februari, @magelang, @borobudurnews; @Plesiran_corp, @jelajah.magelang, @event_magelang, @masmbak.magelang, @magelangzone. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: