Amankah Bersepeda Pakai Masker, Ini Tips Dari Dokter

BNews—NASIONAL Menjalani olahraga untuk menjaga imunitas sangatlah penting. Bersepeda menjadi salah satu tren yang kini sedang banyak digandrungi.


Namun, amankah bersepeda di tengah pandemi Covid-19. Dan apakah harus mengenakan masker?

Psikolog dan profesor pada School of Health Sciences di Central Michigan University, Lana V. Ivanitskaya, mengatakan penggunaan masker saat berolahraga dapat menjadi masalah yang berbahaya bagi kesehatan dan tidak banyak orang yang menyadari.


Hal ini menyebabkan seseorang menjadi lebih sulit untuk bernapas karena terhambat masker yang digunakan apalagi jika kamu sudah memiliki riwayat penyakit pada paru-paru maupun jantung.


Selain itu, olahraga menyebabkan kamu mengeluarkan keringat dan membuat masker menjadi basah. Melansir dari laman Parents, penggunaan masker basah juga membuat tidak nyaman dan sekresi pada hidung.

Selain itu, masker yang basah juga dinilai tidak efektif dalam mencegah penularan dan penyebaran virus COVID-19.

Penggunaan masker saat berolahraga juga rentan membuat kamu mengalami keracunan karbon dioksida. Tubuh menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida.


“Penggunaan masker saat berolahraga tentunya membuat pernapasan terhambat dan bukan tidak mungkin kamu kembali menghirup karbondioksida menuju sistem pernapasan,” kata dia.

Kelebihan jumlah karbon dioksida di dalam tubuh meningkatkan risiko keracunan karbon dioksida yang menyebabkan asidosis dalam tubuh.


Ada beberapa gejala yang dialami oleh seseorang yang mengalami keracunan karbon dioksida, seperti mual, pusing, sakit kepala, dan detak jantung melemah.


Pada kondisi yang lebih parah, keracunan karbon dioksida dapat sebabkan kejang, koma, hingga kematian.
Tips Olahraga Aman saat Pandemi

Jangan ragu untuk tetap rutin berolahraga di masa pandemi. Namun, perhatikan beberapa tips ini agar kamu tetap aman saat berolahraga.
Hindari berolahraga secara berkerumun atau berkelompok.

Jika kamu ingin bersepeda atau berlari, usahakan lakukan secara mandiri.
Pilih rute olahraga yang sepi untuk menghindari kerumunan banyak orang. Dengan begitu, kamu tidak akan memerlukan masker saat berolahraga.

Jika kamu olahraga bersama dengan orang lain, usahakan jaga jarak sesuai yang disarankan dan hindari berada segaris lurus dengan orang lain.


Melansir The Guardian, tidak ada salahnya untuk berolahraga di dalam rumah untuk menghindari penggunaan masker saat berolahraga.

Terutama pada jenis olahraga yang membutuhkan banyak oksigen.
Ada berbagai jenis olahraga yang bisa dilakukan dari dalam rumah selama masa pandemi ini, seperti senam aerobik atau yoga. (her/wan).

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: