APBD Perubahan 2023 Pemkab Magelang Terealisasikan 94.09 Persen

BNews-MAGELANG- Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP dalam Pembukaan Rapat Koordinasi Pengendalian Operasional Kegiatan (RAKOR-POK); Terpadu Tingkat Kabupaten Magelang Akhir Triwulan IV Tahun Anggaran 2023. Acara itu diadakan di Ruang Bina Karya Kabupaten Magelang (24/1/2024).

Bupati menyampaikan bahwa anggaran belanja pada APBD Perubahan Tahun Anggaran 2023 (di luar Dana BOS dan BOP); mencapai Rp2.706.102.592.574,. Dengan tingkat realisasi sebesar 94,09%.

Selanjutnya, Bupati menegaskan bahwa capaian kinerja fisik kegiatan telah mencapai 98,79%. Meskipun capaian tersebut sedikit lebih rendah dibandingkan dua tahun sebelumnya, yaitu 99,63% pada tahun 2021 dan 99,77% pada tahun 2022.

“Untuk itu, saya berharap agar kendala dan permasalahan yang terjadi pada tahun lalu tidak terulang kembali pada tahun 2024 ini, sehingga capaian pada tahun ini bisa lebih baik,” harapnya.

Apabila terdapat potensi kendala dan permasalahan pada awal tahun 2024, Bupati meminta agar segera disampaikan. “Hal ini agar bisa dirumuskan alternatif solusinya, sehingga tidak mengganggu pencapaian target yang telah ditetapkan di akhir tahun,” imbuhnya.

Bupati juga mengapresiasi para Kepala Perangkat Daerah/Unit Kerja yang telah berhasil melaksanakan kegiatan; pada APBD Tahun Anggaran 2023, dengan capaian fisik 100% dan penyerapan anggaran yang optimal.

“Hal ini patut dijadikan contoh bagi OPD lainnya yang belum mencapai capaian serupa,” tegasnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Selain anggaran dari APBD, terdapat juga bantuan keuangan dari Provinsi dan Pusat, seperti Bantuan Keuangan Provinsi; kepada Kabupaten/Kota dan Dana Alokasi Khusus Fisik.

“Berdasarkan laporan yang saya terima, capaian kinerja fisik Bantuan Keuangan Provinsi kepada Kabupaten/Kota mencapai 100%, sedangkan realisasi keuangan sebesar 96,40%,” ujarnya.

Sementara itu, lanjutnya capaian fisik DAK Fisik tahun 2023 telah mencapai 100%, dengan realisasi keuangan sebesar 95,56%.

“Dengan capaian ini, saya berharap kepada para Kepala Perangkat Daerah yang bertanggung jawab pada tahun anggaran 2024 ini, agar melaksanakan kegiatan dengan seoptimal mungkin dan segera memenuhi persyaratan pencairan sesuai ketentuan yang berlaku,” harapnya kembali.

Selanjutnya, terkait dengan 12 Paket Strategis Kabupaten Magelang di Tahun 2023; 2 pekerjaan non konstruksi telah selesai tepat waktu.

“Dari 10 paket pekerjaan konstruksi, 9 diantaranya juga telah selesai tepat waktu pada tanggal 27 Desember 2023. Saya juga telah meresmikan 6 (enam) paket pekerjaan, termasuk Mal Pelayanan Publik (MPP) yang juga telah diresmikan di Jakarta bersama dengan Menteri PAN dan RB,” paparnya.

Namun, kata Bupati terdapat satu paket pekerjaan strategis yang tidak dapat selesai tepat waktu hingga akhir Desember 2023 dan baru selesai pada bulan Januari ini.

“Saya sangat menyayangkan hal tersebut dan berharap agar hal serupa tidak terulang pada tahun anggaran 2024 ini dan tahun-tahun berikutnya,” tutupnya. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: