Banyak Wisatawan Mulai Berkunjung ke Magelang

BNews—MUNGKID- Sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Magelang melaporkan telah dikunjungi oleh calon wisatawan. Mereka datang dari berbagai kota untuk berwisata.

Kepala Desa Karangrejo Hely Rofikun, mengatakan, para wisatawan tersebut ingin mampir untuk sekedar berjalan-jalan dan makan. Namun, karena masih ditutup, kunjungan itu pun ditolak.

“Kami belum berani menerima kunjungan wisatawan karena belum ada instruksi dan ijin dari pemerintah daerah untuk membuka kembali obyek wisata,” ujarnya, kemarin.

Di desanya sendiri ada berbagai destinasi wisata. Paling populer adalah Puntuk Setumbu.

Setumbu adalah kawasan perbukitan yang biasanya banyak didatangi oleh wisatawan yang ingin menyaksikan pemandangan matahari terbit berlatarbelakang Gunung Merapi, Merbabu dan pemandangan Candi Borobudur.

Ketua Tim Pengelola Punthuk Setumbu di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Nuryazid. Pekan lalu, 10 orang dari komunitas pesepeda di Kecamatan Borobudur, sudah sempat datang ke obyek wisata Punthuk Setumbu. Karena terus memohon, mereka pun akhirnya diijinkan untuk masuk.

Di kesempatan lain, dia pun juga seringkali menerima telepon dari banyak wisatawan dari luar kota yang terus menanyakan kapan obyek wisata Punthuk Setumbu. Namun, karena belum ada arahan ataupun instruksi lebih lanjut dari Pemerintah Kabupaten Magelang.

Nuryazid mengatakan, kondisi ini dipastikan masih akan berlanjut jika obyek wisata tidak kunjung dibuka. “Wisatawan pasti sudah sangat ingin berekreasi. Punthuk Setumbu sudah terlalu lama, dua bulan lebih ditutup,” ujarnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Cahyo Senoaji, salah satu tenaga pendamping balkondes dari PT Manajemen Community Based Tourism (CBT) Nunsatara, mengatakan, saat ini, pihaknya tengah berupaya merumuskan standar operasional prosedur (SOP) yang harus dipenuhi saat balkondes kembali dibuka. Adapun, SOP tersebut juga mengacu pada aturan yang ditetapkan dalam protokol kesehatan.

Cahyo mengatakan, sebanyak 18 balkondes sudah mulai menanyakan kapan bisa kembali buka, dan satu balkondes diantaranya Balkondes Borobudur memutuskan untuk kembali buka, menjalankan operasional sejak Sabtu (30/5/2020).

Sejak dibuka, Balkondes tersebut didatangi tiga hingga lima wisatawan per hari, dan semuanya berasal dari wilayah Kota dan Kabupaten Magelang saja.

“Dengan perilaku wisatawan yang saat ini semakin hati-hati dan masih berlakunya PSBB (pembatasan sosial berskala besar) yang masih ada di berbagai kota, maka saat dibuka nanti, balkondes pun harus mengubah strategi bisnis karena tahun ini, kita mungkin hanya bisa berharap pada kunjungan wissatawan lokal,” ujarnya.

PT Manajemen CBT Nusantara adalah pihak yang ditunjuk oleh Kementerian BUMN untuk mendampingi dan membantu pengembangan balkondes. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: