Baru Tahu, Ternyata Begini Sejarah Orang Memberi Nama ’Kunci Inggris’

BNews—BOROBUDUR— Siapa yang tidak mengenal Kunci Inggris. Sebuah alat untuk melepas atau memasang baut mur/ baut saat memperbaiki kendaraan sepeda motor atau mobil.

Sebagian besar orang pasti juga pernah melihat, mendengar atau memegang peralatan perbengkelan tersebut. Namun, sudah tahukah Kamu darimana asal muasal penyebutan istilah Kunci Inggris yang sudah lazim diucapkan kebanyakan?

Ternyata, tidak hanya di Indonesia saja. Beberapa negara di Eropa seperti Perancis, Jerman, Portugal, Italia, Belanda dan lainnya juga menyebut Kunci Inggris dengan istilah English Key.

Dihimpun dari berbagai sumber, alat bernama Adjustable Spanner, Adjustable Wrench  atau Monkey Wrenchditemukan seorang insinyur Inggris bernama Richard Clyburn pada tahun 1842. Saat Nusantara di jajah Belanda, tidak heran bila nenek moyang menerjemahkan perkakas tersebut ke dalam Bahasa Indonesia menjadi ’Kunci Inggris’.

Dalam perkembangannya, kunci Inggris buatan Clyburn disempurnakan lagi oleh Johan Petter Johansson dari Swedia. Maka tak heran di negara Denmark, Polandia, dan Israel kunci tersebut dikenal dengan nama ’Swedish key’.

Jadi tak salah juga kalau Kunci Inggris juga biasa disebut sebagai Kunci Swedia.

Sekarang udah tahu kan, kenapa perkakas ini bisa disebut Kunci Inggris?. (han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: