Bateh Bersolawat, Sambut Bulan Rajab di Magelang

BNews-MAGELANG- Ribuan masyarakat dengan antusias mengikuti Bateh Bersolawat dalam rangka memasuki bulan Rajab.

Rajab bagi umat Muslim diyakini sebagai bulan yang penuh rahmat sehingga dianjurkan untuk berpuasa dan bersolawat.

Acara tersebut diselenggarakan di Dusun Bateh, Kelurahan Bawang, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang pada hari Selasa (24/1).

Meskipun solawat baru dimulai pada pukul 20.00 WIB, namun sejak pukul 16.00 WIB, masyarakat sudah antusias; dan datang terlebih dahulu agar bisa mendapatkan tempat di barisan depan.

Solawat semakin meriah karena turut dihadiri oleh Majelis Gandrung Nabi bersama Gus Zaman Asekal.

Majelis Gandrung Nabi adalah majelis dzikir dan sholawat yang berasal dari Grobogan, Jawa Tengah (Jateng) yang menjadi semakin terkenal.

Lebih dari 10 lagu solawat dinyanyikan pada acara tersebut, seperti Nasabe Kanjeng Nabi, Alal Musthofa, Robbi Qud Aurosani; Asmane Wali Songo, dan masih banyak lainnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Ini juga merupakan bentuk apresiasi untuk masyarakat yang selalu gotong royong dan bekerja sama dengan; kemampuannya masing-masing,” kata inisiator acara sekaligus sesepuh Desa Bateh, Muhammad Hisyam, pada hari Rabu (25/1).

Selain itu, lanjutnya, di tengah kesibukan masyarakat yang semakin modern, warga Bateh masih tetap konsisten; dalam merawat tradisi Solawatan dan mengaji.

“Setiap Senin, kami juga memiliki kegiatan ‘Ngaji Senen’ khusus untuk ibu-ibu, dan pada Malam Sabtu juga ada solawatan untuk seluruh masyarakat dari berbagai usia,” tambahnya.

Ia berharap, tradisi ini tidak hanya menjadi hiburan semata, tetapi juga dapat menjadi pedoman dan panduan bagi masyarakat.

Seorang pengunjung asal Boyolali, Muhaimin (35) yang datang bersama rekan-rekannya mengaku sangat senang bisa merasakan Solawatan di Dusun Bateh.

Meskipun harus berdesakan dan menempuh perjalanan lebih dari 50 kilometer, Muhaimin merasa terhibur dan terpenuhi rohaninya.

“Kami juga merupakan penggemar Majelis Gandrung Nabi, jadi kami memanfaatkan kesempatan untuk mengunjunginya selagi masih memungkinkan perjalanan,” pungkasnya. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: