Ujian Seni Siswa SMA Muhi Muntilan Gelar Parade Budaya

BNews-MUNTILAN- SMA Muhamadiyah 1 Muntilan menggelar Parade Seni Budaya dalam rangka Ujian Seni Kelas XII di halaman Kantor Kecamatan Muntilan (7/10). Sebanyak enam kelompok kesenian dari enam kelas ditambah satu kesenian inti asli sekolahan ini.

 

Kepala Sekolah SMA Muhamadiyah 1 Muntilan Edi Yusuf,Spd menerangkan kegiatan sudah ke-6 kalinya dikonsep seperti ini.”Ini merupakan ujian rutin dalam mata pelajaran Seni setiap tahunnya sebagai salah satu syarat kelulusan,” katanya.

“Tentunya hal ini juga salah satu upaya sekolahan untuk berupaya Gudah, Guduk dan Lestarikan seni budaya jawa,”imbuhnya.

“Dan melalui kegiatan ini kita juga berupaya menekankan Tradisi Seni yang bebas mistis,” tegasnya.

Kesenian murni jawa ditampilkan oleh siswa antara lain adalah topeng ireng, kuda lumping, kubro siswo,janthilan, tari jemparingan dan tari grasakan. Dengan menggunakan pekaian lengkap kesenian mereka menampilkan tariannya di depan ratusan penonton dan guru penilai selama 15 menit.

 

Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang Husaen menerangkan bahwa melalui parade ini kita berikan apresiasi kepada SMA Muhamadiyah Muntilan atas kegiatan ini.”Dalam skala besar tentunya hal ini menambah semarak Kabupaten Magelang dan dalam skala kecil visi Disdikbud Kabupaten Magelang yakni Tanggul Budaya (Taqwa Unggul dan Berbudaya) sudah terlaksana disini,” katanya saat di wawancarai awak media.

“Hal ini juga sebagai sarana penguatan karakter dan mental anak-anak dalam bersekolah maupun dirumah,”imbuhnya.

Husaen juga membuka secara resmi acara ini dengan pemukulan Gong didampingi Kepala Sekolah SMA Muhamadiyah Muntilan. “Untuk peserta didik sendiri latihannya selama dua bulan di dusun yang ada kelompok keseniannya antara lain Dusun Keji, Bongasari,, Pebelan 2, Paremono, Kembaran dan Daleman,” ungkap Guru Pendamping Seni Nindito. (bsn)

 

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: