Belasan Wartawan di Kabupaten Magelang Jalani Swab Test

BNews—BOROBUDUR—Sebanyak 12 wartawan yang tergabung di Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Magelang menjalani swab test. Pelaksaan tes dilakukan di Puskesmas Borobudur, pada Jumat (27/11/2020).

Kegiatan ini difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten Magelang melalui Satgas Penanganan Covid-19. Hal ini sebagai upaya preventif menekan penyebaran Covid-19, yang mana diketahui bahwa profesi wartawan juga rentan terpapar virus corona.

”Swab test dilakukan karena mobilitas wartawan yang tinggi dan sering bertemu dengan banyak nara sumber dari berbagai kalangan,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi, Jumat (27/11/2020).

Ketua PWI Kabupaten Magelang, Y Bagyo Harsono mengatakan bila swab test tersebut untuk antisipasi penyebaran Covid-19. Serta untuk menjaga kesehatan para rekan wartawan khususnya.

”Ada salah satu narasumber yang sering ditemui wartawan ternyata positif Covid-19. Swab ini sebagai langkah antisipasi saja,” kata dia.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Dalam kesempatan itu, dia juga mengklarifikasi terkait informasi yang beredar luas di aplikasi perpesanan WhatsApp. Informasi tersebut disebutkan bahwa ada salah satu wartawan media cetak nasional di Tegal yang hasil swabnya positif.

”Kemudian dalam informasi itu juga diterangkan ’Dia baru saja pulang penugasan liputan Merapi di Magelang. Informasinya, dia diduga terpapar saat wawancara dengan kepala pelaksana BPBD Magelang beberapa hari lalu. Sudah ada 14 orang yang ikut wawancara juga hasil swabnya positif’,” jelas Bagyo.

Terkait informasi itu, Bagyo menegaskan bahwa hingga saat ini tidak ada wartawan Magelang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sebab usai liputan kunjungan kepala BNPB, wartawan juga masih melaksanakan tugas sebagai mana biasanya.

”Jadi kalau hari ini (Jumat-red), teman-teman melaksanakan Swab test, itu karena kesadaran mereka sendiri,” tandasnya.

Tambah Bagyo, pihaknya meminta agar para wartawan untuk tetap disiplin protokol kesehatan. Selalu memakai masker, cuci tangan memakai sabun dan jaga jarak.

”Untuk hasil swab ini, akan diketahui tiga hingga satu minggu kedepan,” pungkasnya. (her)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: