Benarkah Tenggorokan Berlendir Merokok Kretek Bisa Sembuh?

BNews–KESEHATAN– Bagi para perokok aktif, tenggorokan berlendir dan batuk mungkin bisa dianggap biasa. Namun ternyata banyak yang menyarakan untuk mengisap rokok kretek untuk mengatasi hal tersebut. Sama seperti yang dialami Jovan (bukan nama sebenarnya).

Ia mengaku rokok kretek akan membantunya mengatasi masalah tenggorokan. Hal ini sudah diketahuinya turun temurun saat masih kecil.

“Sudah sering dengar dan percaya tidak percaya, ini memang membantu saya mengatasi masalah tenggorokan. Makanya kalau tenggorokan sedang tidak enak, langsung beralih ke rokok kretek,” ujar Jovan.

“Saya awalnya sering disarankan teman saya juga yang merokok. Awalnya dulu tidak percaya, tapi saya coba, justru bisa membantu, sih,” katanya.

Dengan alasan tadi, akhirnya banyak yang meyakininya juga. Mereka pun akhirnya mengisap rokok kretek dengan harapan lendir akan cepat keluar.

Rokok Kretek Bantu Keluarkan Lendir Tenggorokan?

Namun, apakah hal itu merupakan tindakan yang benar? Ternyata, salah besar! Dengan tegas, dr. Devia Irine Putri mengatakan justru rokok bisa membuat produksi lendir jadi berlebihan.

Loading...

“Secara umum, normalnya memang ada lendir di tenggorokan karena fungsinya untuk menjaga kelembapan tenggorokan sekaligus menangkap benda asing, partikel, bakteri, dan virus yang mungkin masuk,” ungkap dr. Devia Irine.

Selain itu, menurut dr. Devia Irine, beberapa kondisi menyebabkan produksi lendir di tenggorokan bertambah selain karena rokok, misalnya karena alergi, sinusitis, dan flu.

Jadi, merokok jenis apa pun, termasuk kretek, bukan hal yang tepat saat Anda batuk. Jelas anggapan itu adalah mitos semata.

Bahaya merokok sebenarnya pun sudah sangat jelas. Kebiasaan ini akan lebih memengaruhi kesehatan saluran tenggorokan perokok dibanding bukan perokok.

Cara Tepat Singkirkan Lendir Tenggorokan!

Jadi, menyingkirkan lendir tenggorokan bukan dengan cara mengisap rokok kretek. Ada beberapa hal yang diketahui bisa membantu mengatasi lendir dalam tenggorokan.

Pastinya, caranya lebih sehat dibanding isap rokok kretek. Berikut cara-cara mengatasinya menurut dr. Devia Irine:

1. Minum Air Hangat

Banyak jenis minuman atau cairan hangat yang bisa membantu, misalnya teh, air kaldu, atau sup.

Fungsinya membantu mengencerkan lendir, sehingga lebih mudah hilang dan tidak mengental serta membuat lega tenggorokan.

2. Berkumur Air Garam

Berkumur dengan air garam sudah lazim dilakukan untuk masalah tenggorokan. Hal ini dilakukan untuk mengencerkan lendir dan mengatasi sakit tenggorokan.

3. Minum Obat

Jika lendir sangat banyak dan kental, biasanya dapat dibantu obat-obatan untuk mengencerkan lendir, seperti Asetilsistein. Namun, pemberian obat sebaiknya di bawah pengawasan dokter.

Rokok kretek jangan dijadikan alasan untuk tetap bisa merokok meski sedang mengalami masalah tenggorokan. Sudah jelas salah dan jangan dilakukan. (*/Lubis)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: