Berikut Formasi CPNS 2018 di Kabupaten Magelang

0
388
CPNS : Formasi CPNS dalm angka pengumuman dari @Kemenpanrb (14/9)--(Foto-- @Kemenpanrb)
CPNS : Formasi CPNS dalm angka pengumuman dari @Kemenpanrb (14/9)--(Foto-- @Kemenpanrb)

BNews—MUNGKID— Pengumuman Formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 sudah ditunggu banyak orang. Tidak bedanya dengan formasi CPNS yang dibutuhkan di Kabupaten Magelang Jawa Tengah.

 

 

Kepala BKPPD Kabupaten Magelang, Erie Sadewo mengungkapkan bahwa kebutuhan SDM saat ini menjadi sangat strategis di tengah era kebijakan moratorium yang sudah berlangsung beberapa tahun belakangan. “Kebutuhan ini sudah kami usulkan beberapa waktu yang lalu sebagai skala piroritas, untuk di Kabupaten Magelang kami usulkan 250 formasi yang terdiri dari 161 tenaga pendidik, 83 tenaga kesehatan, dan 6 tenaga pendukung infratruktur,” katanya (14/9).

 

 

Usulan tersebut disetujui dalam rapat Koordinasi di Kantor Regional Badan Kepegawaian Negara (BKN) Yogyakarta. “Ternyata kita dapat tambahan kuota formasi CPNS 2018, yang awalnya 250 formasi menjadi 259 formasi. Dimana tambahan formasi tersebut yakni 9 formasi khusus untuk tenaga honorer eks kategori II (Honorer K2), tentunya dengan persyaratan khusus,” imbuhnya.

 

 

Perlu diketahui bahwa proses pengangkatan tenaga honorer K2 menjadi CPNS mengikuti aturan yang berlaku secara nasional, yakni melalui Computer Assisted Test (CAT).  “Saat ini jumlah pegawai honorer K2 di Kabupaten Magelang berjumlah 625 orang, dan hanya tersedia 9 formasi dalam CPNS 2018 ini,”paparnya.

 

Persyaratan bagi pelamar CPNS 2018 pihak BKPPD Kabupaten Magelang belum bisa menyebutkan secara rinci. “Masih dalam proses pembuatan draft pengumuman penetapan formasi serta pengelompokan jabatan, dan nati akan ditetapkan dengan Surat Ketetapan Bupati tentang Penetapan Kebutuhan Formasi 2018,” ujarnya.

 

Pendaftaran online sendiri direncanakan akan dibuka mulai tanggal 19 September 2018. Para calon pelamar akan melewati beberapa tahapan, diantaranya Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang untuk Formasi Umum. Sementara Honorer K2 hanya mengikuti TKD.

 

Dari 259 kuota CPNS, Pemerintah Kabupaten Magelang membuka kesempatan bagi kaum difabel untuk mendaftarkan diri. “Daerah wajib memberikan ruang formasi untuk para difabel minimal satu persen dari total kuota formasi yang ditetapkan. Dan Bupati menetapkan ada dua kuota bagi kaum difabel,” ungkapnya.

 

Meskipun kuota CPNS 2018 untuk Kabupaten Magelang belum seimbang dengan jumlah PNS yang pensiun tahun ini. “Jumlah PNS di Kabupaten Magelang saat ini berjumlah 8.751 dan yang pensiun tahun ini sebanyak 437 orang, sedangkan formasi CPNS 2018 untuk Kabupaten Magelang cuman 259 formasi,” tegasnya.

 

“Namun dengan adanya pembukaan lowongan CPNS ini setidaknya menjadi sebuah alternatif upaya bersama untuk memenuhi kebutuhan prioritas atas formasi SDM yang selama ini terkena kebijakan moratorium,” pungkasnya. (bsn)

 

KLIK :

DOWLOAD FORMASI CPNS PROVINSI JAWA TENGAH

DOWNLOAD BUKU PETUNJUK PENDAFTARAN SISTEM SELEKSI CPNS NASIONAL 

DOWNLOAD FORMASI CPNS KABUPATEN PURTWOREJO

DOWNLOAD FORMASI CPNS TEGAL

DOWNLOAD ALOKASI FORMASI CPNS KEMENAG 2018

DOWNLOAD MATERI SELEKSI, SYARAT, CONTOH SOAL CPNS 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here