Berikut Pentingnya Memakai Masker Saat di Luar Rumah

BNews—NASIONAL—Ditengah pandemi Covid-19, masyarakat diimbau selalu menggunakan masker ketika keluar rumah. Meskipun mungkin masih banyak yang tidak mematuhi karena ketika menggunakan masker merasa pengap.

Namun ada beberapa manfaat ketika aktivitas di rumah dengan memakai masker. Berikut ini, himpunan Borobudurnews mengenai pentingnya menggunakan masker ketika keluar rumah :

Menjaga Paru-Paru Dari Polusi

Ketika keluar rumah dengan menggunakan masker, dapat mencegah udara kotor masuk ke dalam saluran pernapasan. Masker bisa menyaring udara yang kotor tersebut sebelum terhirup oleh hidung.

Bagi orang yang sering beraktivitas di luar dengan kendaraan bermotor, dapat mempertimbangkan untuk menggunakan masker anti polusi agar setidaknya membuat paru-pari lebih sehat dibandingkan orang yang tidak menggunakan masker.

Mencegah Infeksi Menular

Bagi orang yang sedang mengidap penyakit pernapasan, memakai masker adalah hal yang wajib. Misalnya, ketika menderita influenza atau batuk, orang di sekitar bisa saja tertular melalui udara.

Dengan menggunakan masker mulut ketika keluar rumah atau sedang bersama orang lain, dapat meminimalisir potensi orang lain tertular. Atau sebaliknya yakni dapat menjaga diri sendiri dari penularan infeksi pernapasan orang lain.

Menghalangi Terpapar Langsung Sinar Matahari

Manfaat lain dengan menggunakan masker yakni dapat mencegah wajah terpapar sinar matahari langsung. Sebab ada efek tersendiri jika terlalu sering terkena sinar matahari.

Selain itu, jika beraktivitas diluar rumah atau sedang berkendara tanpa menggunakan masker mulut dapat menyebabkan kulit kemerahan, kulit kering atau timbul rasa gatal pada wajah. (*/mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: