IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Blusukan Pasar, Petugas Gabungan Sita Daging Sapi Berisi Cacing Pita

BNews—PURWOREJO— Tim gabungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo menemukan cacing pita di dalam daging sapi. Parahnya, daging tak layak konsumsi itu ditemukan disejumlah pasar tradisional.

Kepala Kepala Dinas Pertanian Pangan, Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Wasit Diono mengatakan dari hasil pengawasan ditemukan hati sapi yang terinfeksi cacing pita. Diantaranya di Pasar Suronegaran kurang lebih 2,6 kilogram dan Pasar Baledono 1/2 kilogram.

”Hasil temuan ini langsung kita sita untuk kemudian dimusnahkan karena berbahaya apabila dikonsumsi manusia,” kata dia baru-baru ini (19/5).

Jelas Wasit, operasi ini digelar dalam rangka menghadapi Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriyah dengan melakukan pembinaan dan pengawasan bahan pangan asal hewan. Pembinaan dilakukan dengan terjun langsung kepada 20 pasar di Purworejo serta Rumah Pemotongan Hewan (RPH).

”Kegiatan ini bertujuan melindungi konsumen. Agar bahan pangan asal hewan yang beredar di pasaran memenuhi aspek aman, sehat, utuh dan halal,” jelasnya.

Sementara itu untuk pengawasan di RPH, dilakukan dini hari sekitar pukul 02.30 WIB saat dimulainya pemotongan. Selain itu, daging dari luar kota yang perlu diperiksa ulang di RPH Baledono juga datang pada sekitar jam tersebut.

”Penyembelihan sapi harus dilakukan di RPH untuk memastikan sapi yang dipotong bukan sapi betina produktif,” katanya. (han)

Loading...
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: