BOB Gelar Pelatihan dan Sosialisasi Sambut Kenormalan Baru Bagi Pariwisata

BNews–MUNGKID– Pelatihan dan Pendampingan bagi destinasi pariwisata di Jawa Tengah digelar oleh Badan Otorita Borobudur (BOB) untuk adaptasi kebiasaan baru. Untuk di Magelang digelar di Balkondes Kenalan Borobudur selama satu minggu.

Kegiatan tersebut meliputi Sosialiasi, Pelatihan, Pendampingan yang dilaksanakan pada 14-20 September. “Jadi bagaimana caranya pas gongnya boleh buka, destinasi dan pelakunya sudah siap. Jadi siap-siapnya mulai sekarang. Bagaimana caranya bersiap-siap yakni dengan adanya pelatihan dan pendampingan,” jelas Direktur Utama BOB, Indah Juanita saat membuka kegiatan (14/8/2020).

Kegiatan yang diberikan antara lain berupa sosialisasi kebijakan daerah, implementasi protokol Adaptasi Kebiasaan Baru; penghitungan carrying capacity, alur wisatawan, pemetaan zonasi wisatawan; taffic management di Destinasi dan verifikasi kesiapan pengelola dalam menyambut Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

“Bahwa kebiasaan ini akan terus ditularkan kepada teman-teman yang lain agar menjadi kebiasaan baru yang benar. Jadi tidak hanya baik tetapi juga benar,” imbuhnya.

Menurutnya, persiapan hadapi semua itu perlu dilakukan penyesuaian tata laksana kunjungan wisatawan. Dimana haru ssesuai dengan aturan dan protokol kesehatan di daya tarik wisata.

Protokol kesehatan yang telah disusunpun perlu disosialisasikan kepada pengelola daya tarik wisata. Hal ini agar bersiap dan sebagai upaya untuk memenuhi protokol tersebut.

“Persiapan itu nanti akan dapat pengakuan berupa sertifikat Self Declare. Dimana dampaoknya akan meningkatkan rasa kepercayaan kepada wisatawan saat berkunjung ke daya tarik wisata,” tegasnya.

Loading...

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

 “Ini merupakan kegiatan yang kesekian kali yang dilaksanakan termasuk oleh Dinas Kepariwisataan Jawa Tengah. Satuan Disparpora Kabupaten Magelang, dan satuan kerja yang lain terkait dengan pariwisata,” ujarnya.

Iwan menjelaskan bahwa sektor pariwisata menjadi sektor unggulan di Kabupaten Magelang, bersama sektor pertanian dan sektor UMKM.  

“Harapannya sektor pertanian dapat berkolaborasi dengan sektor pariwisata menjadi agrowisata. Sedangkan di industri kecil menengah jika dikolaborasikan dapat menjadi industri pariwisata yang saat ini memang sedang bergerak,” pungkasnya. (bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: