Bukan Hanya Promosi, Begini Kegiatan Magang Marketing Komunikasi di Widya Analytic

BNews-JOGJA– Dalam rangka kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta; menawarkan beberapa program belajar mandiri. Salah satunya yaitu, magang.

Kesempatan magang MBKM ini diberikan kepada para mahasiswa guna meningkatkan keterampilan dan pengetahuan tentang perspektif terhadap dunia kerja profesional.

Program MBKM mangang mandiri ini memberikan konversi sebanyak 20 sks kepada peserta magang. Dan dilaksanakan selama 1 semester atau empat bulan dengan periode 8 Maret 2023 sampai dengan 30 Juni 2023 di instansi terkait.

Pada tahun ini Program Studi Ilmu Komunikasi menjalin kerjasama dengan PT. Widya Intelektual Bangsa (Widya Analytic) dalam menyelenggarakan program magang ini.

PT. Widya Intelektual Bangsa (Widya Analytic) merupakan perusahaan berbasis konsultan IT (Information Technology); yang memberikan solusi di bidang big data analytic dan AI (Artificial Intellegent) bagi pemerintahan, perusahaan, UMKM dan perguruan tinggi.

Dalam kegiatan magang mandiri di Widya Analytic penulis bertugas sebagai marketing komunikasi.

Sebagai marketing komunikasi, penulis bukan hanya fokus melakukan kegiatan promosi namun juga betugas sebagai event planner; markting komunikasi bertanggung jawab atas 4 program atau event, yakni event webinar Tech Talks; webinar Toba Talks, webinar Toba With Student, dan Pelatihan IT.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Oleh karena itu, marketing komunikasi memiliki kegiatan yang cukup beragam seperti membuat brief plan; mencari event partnership, membuat landing page, mengagendakan meeting dengan partnership, menjadi host acara, mengirim e-certificate hingga evaluasi pasca event.

Berikut beberpa detail kegiatan yang dilakukan marketing komunikasi di Widya Analytic :

1.Membuat Brief Plan

Pembuatan Brief Plan ini merupakan perencaan program atau event yang akan terlaksana selama satu minggu dan satu bulan mendatang. Brief ini mencakup beberapa indikator yaitu tema, silabus atau topik pembahasan, narasumber yang memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang relevan dengan tema, serta waktu dan tempat.

2.Mencari Partnership

Dalam penugasan mencari partership ini penulis membantu lead marketing komunikasi untuk mencari list UKM; komunitas atau himpunan mahasiswa di berbagai universitas, mencari kontak email, no, dan akun sosial media; yang kemudian penulis akan menghubungi untuk memberikan penawaran kerjasama untuk mengadakan event webinar offline maupun online.

Selain itu Untuk promosi event webinar marketing komunikasi memakai jasa paid promote, penulis bertugas untuk mencari partnership; seperti akun instagram komunitas untuk menawarkan kerjasama promosi berbayar.

3.Membuat Landing Page

Setiap event webinar yang akan datang, penulis bertugas untuk membuat landing page dari brief plan yang sudah terencana.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Pembuatan landing page ini dibuat di web resmi Toba.Ai dengan point yang harus ada diantaranya, judul, link, poster, benefit dan beberapa caption copywriting.

Dalam pembuatan landing page ini penulis akan berkoordinasi dengan tim desain grafis dan tim sosial media; koordinasi dengan tim desain grafis ini dalam bentuk memberikan brief plan sebagai bahan pembuatan poster, dan koordinasi dengan tim sosmed terkait caption yang akan digunakan. Landing page ini berfungsi sebagai wadah promosi sekaligus web pendaftaran.

4.Mengagendakan Meeting Partnership

Jika ada calon partnership yang berminat untuk berkerja sama, marketing komunikasi akan segera mengadakan meeting perdana dengan partnershi;, dalam hal ini penulis bertugas untuk membuat jadwal meeting zoom menggunakan akun Widya Analytic.

Setelah itu penulis diajak oleh Mba Rieka untuk berkontribusi dalam agenda meeting seperti menjelaskan konsep event TWS; benefit dan fasilitas yang akan didaptakn serta ditambah dengan infomasi dari pihak calon partnership seperti misalnya materi yang akan dibahas dan kesediaan waktu dan tempat pelaksanaan.

5.Menjadi Host Acara

Pada event bulanan yakni acara webinar online Toba Talks, penulis bertugas sebagai host acara. Dalam hal ini penulis akan menghubungi pemateri terlebih dahulu untuk follow up informasi penting lainnya.

Pra-acara penulis bertugas mengirimkan ToR (Term of Reference), meminta CV pemateri, foto profil, mengirimkan link Zoom; mengirimkan rundown acara dan virtual background. Pada hari H acara penulis bertugas untuk melakukan briefing kepada pemateri dan tim Youtube streaming, dan menjadi host acara.

6.Evaluasi Acara

Penulis juga bertugas untuk mengevaluasi acara setiap acara yang telah terlaksana, bahan evaluasi ini merupakan respon dari kuisioner; yang telah disebarkan yakni diantaranya adalah mengevaluasi peserta mendapatkan informasi webinar dari mana; latar belakang pendidikan dan pekerjaan peserta, kepuasan peserta terhadap materi dan pemaparan dari narasumber; seberapa tinggi minat peserta terhadap tema atau topik webinar.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Selain kuisioner penulis dan marketing komunikasi lainnya juga mengevaluasi kinerja pribadi masing-masing. Hal ini dilakukan untuk menjadi bahan peningkatan atau pengembangan event selanjtnya menjadi lebih baik.

Pada program MBKM ini penulis memperoleh pengalaman dengan terjun langsung di PT. Widya Intelektual Bangsa (Widya Analytic).

Dalam tujuan meningkatkan penjualan marketing marketing communication berfungsi untuk melakukan branding; dan menyampaikan value perusahaan serta memberikan informasi kepada khalayak tentang produk-produk yang dimiliki perusahaan.

Selain itu, marketing komunikasi berperan penting dalam meningkatkan brand awareness Widya Analytic terhadap masyarakat; meningkatkan penjualan dan manjaga hubungan baik dengan konsumen.

Marketing komunikasi dalam kegiatan magang MBKM ini penulis mendapatkan banyak pengetahuan, pengalaman, wawasan dan keterampilan di Widya Analytic. (adv)

Penulis : Yulia Fitri Rahmadini
Makasisa Ilmu Komunikasi – Universitas Amikom Yogyakarta

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: