Bupati Kukuhkan Paskibraka Kabupaten Magelang 2021

BNews—MAGELANG— Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) memiliki makna simbolik yang amat penting. yaitu sebagai pengejawantahan dari upaya pewarisan dan pelestarian nilai-nilai kejuangan kepada generasi penerus bangsa.

Hal tersebut diungkapkan oleh, Bupati Magelang Zaenal Arifin saat mengukuhkan Paskibraka Kabupaten Magelang, Sabtu (14/8/2021). Bertempat di Rumah Dinas Bupati Magelang.

Zaenal Arifin mengatakan, anggota Paskibraka sendiri adalah siswa-siswi terbaik di Kabupaten Magelang, yang dipilih melalui seleksi yang amat ketat. Perlu disadari bersama bahwa perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan RI tahun ini masih di masa Pandemi Covid-19.

Pada tahun 2020 lalu, lanjut Zaenal, Kabupaten Magelang tidak menyelenggarakan seleksi PASKIBRAKA. Sehingga atas dasar masukan dari sebagian besar sekolah serta memperhatikan Surat dari Menteri Dalam Negeri, tentang Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan RI Tahun 2021, maka Kabupaten Magelang mengadakan seleksi kembali.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Untuk diketahui, seleksi ini, telah dilaksanakan bulan Maret lalu dengan menerapkan protokol kesehatan dan ketat. Dari hasil seleksi, terdapat 30 siswa yang terpilih dari 120 pendaftar di berbagai sekolah SMA/SMK dan MAN di Kabupaten Magelang.

“Dengan demikian, anak-anakku semua yang terpilih ini, merupakan sebuah kebanggaan yang harus disyukuri. Karena mendapatkan kepercayaan dan kehormatan yang tinggi, untuk mengemban tugas yang begitu mulia. Yaitu mengibarkan dan menurunkan Sang Merah Putih, pada hari bersejarah tanggal 17 Agustus 2021 nanti,” kata, Zaenal.

Menurutnya, tugas sebagai Paskibraka, membawa dan mengibarkan Sang Saka Merah Putih bukanlah sebuah seremonial semata. Namun harus diletakkan pada satu semangat dan kesatuan jiwa serta batin, bahwasanya Sang Saka Merah Putih merupakan simbol kehormatan negara.

“Kepada anggota Paskibraka yang hari ini dikukuhkan saya berpesan, hendaknya anak-anak dapat mempertanggungjawabkan kepercayaan dan kehormatan tersebut. Dengan cara melaksanakan tugas yang telah diberikan dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

”Dan kepada para pelatih Paskibraka serta para orang tua anggota Paskibraka Kabupaten Magelang, saya selaku pribadi, serta atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Magelang, memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya. Sekaligus mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas keberhasilannya dalam membina, mendukung dan memberikan motivasi terhadap para anggota Paskibraka selama mengikuti pelatihan dari awal sampai dengan selesai,” sambungnya.

Acara pengukuhan Paskibraka Kabupaten Magelang Tahun 2021 ini juga turut dihadiri oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Magelang. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: