Bupati Magelang Lantik Pejabat Secara Online, Begini Suasananya

BNews–MUNGKID-– Ada yang berbeda dalam proses pengambilan sumpah janji Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemkab Magelang pagi tadi (21/4/2020). Pelaksanaannya melalui media elektronik teleconference oleh Bupati Magelang dengan peserta tersebar di 10 lokasi berbeda.

Hal ini dilakukan karena terkait ditetapkannya keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana tentang penetapan perpanjangan status keadaan tertentu. Dalam hal ini bencana wabah penyakit akibat virus Covid-19 yang sedang melanda Indonsesia, termasuk Kabupaten Magelang.

Pelaksanaan pengambilan sumpah/janji PNS ini sesuai dengan Surat Edaran Badan Kepegawaian Negara Nomor 10/SE/IV/2020. Surat tersebut tentang pelantikan dan pengambilan sumpah/janji PNS melalui media elektronik/teleconference.

Pengambilan sumpah dilaksanakan secara perwakilan atau simbolik di Ruang Command Center, dengan jumlah 249 PNS baru dan 5 orang lulusan IPDN tahun 2018. Dimana yang posisinya terpisah di 10 titik atau tempat. Beberapa diantaranya, di Ruang Command Center, Ruang Bina Karya, dan 8 Aula Kecamatan.

“Saya ingatkan bahwa seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) saat ini dituntut untuk memiliki kompetensi dan komitmen kebangsaan guna. Hal ini merespon berbagai tantangan di era revolusi industri 4.0 dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ungkap Bupati Magelang, Zaenal Arifin dalam sambutan pada acara tersebut dari Ruang Command Center.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Ia juga menegaskan bahwa komitmen kebangsaan harus lebih diperkuat guna menghindarkan ASN dari paparan paham-paham yang tidak sesuai. Tentunya tidak sesuai dengan perinsip-perinsip berbangsa dan bernegara, dasar negara Pancasila, serta UUD 1945.

Loading...

“Seiring dengan perkembangan teknologi, PNS harus dapat beradaptasi dengan tuntutan zaman. Saat ini pemerintah sedang memacu peningkatan kualitas ASN dalam rangka menyongsong terciptanya “Generasi Smart ASN” untuk mewujudkan birokrasi berkelas dunia,” paparnya.

Menurutnya, ASN dari generasi milenial diharapkan mampu mengubah sistem pemerintahan menjadi lebih maju dengan memanfaatkan teknologi dan internet. “Terpenting jangan terjebak dalam rutinitas semata. Harus mampu melakukan trobosan atau inovasi sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing,” tegasnya.

Zaenal Arifin juga mengucapkan selamat kepada para CPNS yang telah diangkat menjadi PNS setelah melalui proses masa percobaan selama 1 tahun. Dimana dalam masa percobaat tersebut telah melalui penilaian prestasi kerja, kecakapan, sikap dan perilaku dalam melaksanakan tugas, serta lulus pendidikan dan pra Jabatan, uji kesehatan, dan pemberkasan menjadi PNS.

” Dengan status pekerjaan saudara sebagai PNS diharapkan mampu meningkatkan semangat untuk bekerja secara optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Artinya saudara harus mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat di atas kepentingan pribadi,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: