Bupati Magelang Minta Penambangan Merapi Di KRB III Dihentikan

BNews–MUNGKID– Dengan meningkatnya status aktivitas merapi menjadi level Siaga Bupati Magelang meminta penambangan di wilayah KRB III dihentikan sementara. Hal tersebut guna mengantisipasi jika merapi mengalami erupsi.

“Tentunya ini sesuai rekomendasi BPPTKG, penambangan di wilayah KRB III di Kabupaten Magelang yakni radius 0-10 km harus dihentikan,” kata Bupati Magelang Zaenal Arifin saat ditemui awak media (9/11/2020).

Meskipun begiut, lanjutnya untuk penghentian penambangan tersebut wewenangnya berada di Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

“Jadi sesuai rekomendasi BPPTKG itu ada tiga, kami di Pemerintahan Daerah diberikan wewenang untuk evakuasi tiga desa kemarin itu; dan soal kewenangan Pariwisata. Lalu Pemprov berwenang soal tambang di KRB III harus berhenti,” ujarnya.

Untuk Pariwisata, kata Zaenal khusus di wilayah KRB III ini harus dihentikan sementara.

“KRB III itu ya 0-10 km termasuk Ketep Pass. Lewat Dinas Pariwisata sudah mengambil langkah-langkah tersebut. Kenapa harus ditutup karena wisatawan ini yang datang belum siap mitigasi bencana saat merapi bergejolak,” paparnya.

“Dan hingga saat ini ada 13 Destinasi Wisata sudah tutup sejak kemarin 7 November 2020 di daerah KRB III. Dan mau tak mau harus ditutup untuk melindungi masyarakat,” pungkasnya. (bsn)

Loading...
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: