Buronan Kasus Korupsi 78 Triliun Yang Rugikan Negara Akhirnya Menyerahkan Diri

BNews–NASIONAL– Pelarian Surya Darmadi, pemilik PT Duta Palma perusahaan perkebunan di Indragiri Hulu, Riau berakhir sudah.

Surya Darmadi tiba di Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng, Senin 15 Agustus 2022. Tim Jaksa Pidana Khusus Kejaksaan Agung langsung menjemput kedatangan Surya Darmadi, buronan kasus ahli fungsi hutan tersebut.

Sempat masuk dalam daftar pencarian orang (DPO), Surya Darmadi (SD) akhirnya menyerahkan diri kepada Kejaksaan Agung untuk proses hukum atas dugaan korupsi yang dialamatkan kepadanya.

“Penjemputan dilakukan karena adanya komunikasi antara Tim Penyidik Kejaksaan Agung dengan Tim Penasihat Hukum Tersangka SD yang akan hadir di Kejaksaan Agung untuk memenuhi panggilan Tim Penyidik sehingga dapat menggunakan hak pembelaan atas dirinya, dan komunikasi telah dilakukan semenjak 2 (dua) minggu lalu ” terang Jaksa Agjng ST Burhanuddin dalam temu pers yang di gelar di Kejagung, Senin 15Agustus 2022.

Adapun penjemputan ini dilakukan karena tersangka SD sebelumnya tidak memenuhi panggilan tim penyidik JAM PIDSUS; yang disampaikan secara patut sebanyak 3 (tiga) kali bahkan tim penyidik juga telah mengumumkan surat pemanggilan kepada yang bersangkutan melalui surat kabar harian nasional.

Tim Penyidik Kejaksaan Agung sampai saat ini telah melakukan penyitaan; terhadap sebagian besar aset PT Duta Palma Group dan milik Tersangka SD; dan sampai saat ini masih dilakukan pelacakan terhadap aset-aset milik yang bersangkutan. Serta dilakukan juga tindakan berupa pemblokiran atas rekening milik PT Duta Palma Group dan Tersangka SD; sebagaimana yang telah dirilis sebelumnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: