Catat…Ini Jadwal Even-even di Kabupaten Magelang Tahun 2020

HALAMAN 2 :

26.Pameran Seni Rupa Indonesia Philipina pada bulan Juni. Limanjawi Art House Tingal Kulon, Desa Wanurejo, Borobudur, Magelang.

27.Pameran Seni Rupa Seniman Malaysia Indonesia pada bulan Juli.

28.BIAF (Borobudur International Art Perfomance Festival) 10-12 Juli. Event ini menampilkan kesenian dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah dan luar negeri. Acara yang sudah menjadi agenda tahunan milik Pemprov Jawa Tengah, acara ini berlangsung di Kawasan Candi Borobudur.

29.Festival Lembah Merapi 24-26 Juli. Sebuah festival di Bukit Gununggono yang menyuguhkan pertunjukan seni budaya serta hiburan artis nasional serta aneka jajanan tradisional.

30.Tlatah Bocah 25-26 Juni. Merupakan festival tahunan seni budaya tentang anak yang diikuti oleh 70 komunitas yang berasal dari berbagai provinsi Indonesia dan luar negeri.

31.Festival Layang-Layang pada bulan Juli. Acara ini merupakan kompetensi layang-layang tingkat nasional di Borobudur.

32.Parade Gebyar Seni Budaya Kota Mungkid 19 Agustus. Karnaval budaya yang diikuti berbagai kesenian tradisional khas Kabupaten Magelang dalam rangka peringatan hari kemerdekaan.

33.Chaul Simbah Gus Jogo Rekso pada 19 Agustus. Pengajian akbar untuk memperingati Chaul Simbah Gus Jogo Rekso yang digelar di makam Simbah Gus Jogo Rekso, Gunung Pring, Muntilan.

34.Suran Tutup Ngisor 29 Agusutus. Acara ini sebuah tradisi “Suran” yang dikemas dalam uapacara slametan, pagelaran kesenian tradisional, serta wayan kulit.

35.Colorfull Balkon Bike bulan Agustus. Event tahunan  sepeda santai berkeliling kawasan Borobudur yang penuh warna dan dipadukan dengan hiburan.

36.Internasional Art Exihibitation pada bulan September. Merupakan pameran dari 17 negara yang dihadiri oleh seniman-seniman ternama.

37. Balkon Jazz Festival 2020 12 September. Event musik tahunan yang berkonsep kebudayaan yang dikolaborasikan dengan msuik nasional.

38. Menoreh Trail Run 2020 bulan September. Event tahunan yang bertema lari dengan halang rintang dan hanya sedikit melewati jalan raya sebagai salah satu event sport dengan taraf nasional.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

39.Mesastila 100 9-11 Oktober. Merpakan lomba lari lintas yang unik dan ekstrim yang bertujuan untuk menantang semngat batin dan kondisi fisik di jantung.

40.Perkawinan Tembakau 13 Oktober. Sebuah tradisi mengarak tanaman tembakau menuju sendang Piwakan yang menjadi sumber pengairan dilanjutkan dengan doa bersama.

41.Andong Etnic Ritual 13 Oktober. Event yang diadakan di dusun Sawit, Ngablak dimana setiap penduduk mempersembahkan nasi ingkung yang kemudian didoakan bersama-sama dilanjutkan dengan kirab menuju puncak gunung Andong.

42.Ketep Summit Festival 16-18 Oktober. Festival ini dimeriahkan dengan pementasan berbagai kesenian tradisional dan pertunjukan musik. Pengunjung juga dapat menikmati keindahan sunrise Ketep Pass.

43.Grebeg Ojeg 28-29 Oktober. Merupakan tradisi yang digelar sebagai ungkapan syukur pengusaha Ojeg (cilog) di Dusun Grojogan, Salaman.

44.Grebeg Lenteng 29 Oktober. Sebuah tradisi turun temurun masyarakat Gunung Bakal, Tempuran yang digelar setiap tanggal 12 Maulud dengan menggelar doa bersama.

45.Saparan Kiblat Papat Siji Pancer pad abulan Oktober. Tradisi merti Desa Wanurejo berupa doa bersama untuk tolak balak dari empat penjuru mata angin.

46.Borobudur Shympony pada bulan Oktober. Menampilkan artis-artis dari musisi dunia yang akan berkolaborasi dalam gelaran konser live musik di Candi Borobusur.

47.World Wayang Way Borobudur 4-7 November. Peringatan Hari Wayang Nasional yang digelar dengan berbagai acara sepererti pameran berbagai jenis wayang, paparam wayang rupa, pertunjukan wayang serta kirab menuju candi Borobudur.

48.Borobudur Marathon 2020, 15 November. Perlombaan lari terbesar di Jawa Tengah.

49.Festival Kopi Magelang pada bulan November. Perayaan pesta panen di sekitaran Grabag yang dimeriahkan dengan berbagaia pentas kesenian tradisional, kirab gunungan, rembug kopi, dan  kopi awards.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

50.Pameran Karya Seni Dari Seniman-Seniman Senior Indonesia pada bulan Desember. Limanjawi Art House Tingal Kulon, Desa Wnurejo, Borobudur yang dihadiri para seniman Indonesia yang terkenal.

51.Borobudur Nite pada 31 Desember. Event akhir tahun di halaman Candi Borobudur dengan menampilkan live music, kuliner lokal dan budaya dan yang paling ditunggu-tunggu adalah pelepasan ribuan balon udara.

Selamat menikmati rangkaian acara sepanjang tahun 2020 di Kabupaten Magelang. “Jika ingin memilik buku calender event 2020 Kabupaten Magelang bisa datang ke TIC Borobudur, Jalan Brojonalan no 1 Borobudur,” pungkasnya. (*/bsn)

Penulis : Fitri Hidayatun- Universitas Negeri Semarang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: