Dalam Sehari, 29 Kali Guguran Lava Pijar Merapi Ke Hulu Kali Krasak

BNews–JOGJA– Balai Penyelidikan Dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta kembali memberikan laporan harian aktivitas merapi siang ini (11/1/2021). Laporan tersebut periode Hari Minggu 10 Januari 2021, selama kuru waktu 00.00-24.00 wib.

Dilaporkan untuk aktivitas kegempaan merapi terdapat peningkatan. Hal serupa juga terkait jumlah guguran yang terjadi di merapi.

Dituliskan oleh BPPTKG, bahwa dalam kurun waktu tersebut di Merapi terjadi 176 kali guguran. Ada juga 164 kali gempa hybrid atau fase banyak, 44 kali gempa vulkanik, 3 kali gempak tektonik; dan 35 kali hembusan.

Sementara pengamatan visual sendiri dalam kurun waktu tersebut juga tampak asap putih dengan intensitas sedang hingga tebal dengan ketinggian 150 meter dari puncak merapi.

Terkait pengamatan guguran, dilaporkan terdapat 29 kali guguran lava pijar dan guguran lava. Dengan jarak luncur 900 meter ke hulu kali Krasak.

Sementara deformasi sendiri rara-rata di EDM Babadan Dukun Magelang sebesar 9 cm. Dan untuk status aktivitas merapi masih berada di level III atau Siaga. (bsn)

Loading...
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: