Deformasi Merapi Mencapai 13 cm Terpantau Di PGA Babadan Magelang

BNews–JOGJA– Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat perkembangan laju deformasi Gunung Merapi. Hal yang dipantau dari Babadan, Kabupaten Magelang Jawa Tengah.

Berdasarkan laporan aktivitas Gunung Merapi hari ini, laju deformasi tercatat rata-rata 13 cm per hari.

“Laju rata-rata deformasi yang diukur dari electronic distance measurement (EDM) Babadan sebesar 13 cm per hari,” kata Kepala BPPTKG Hanik Humaida dalam keterangannya, Jumat (13/11/2020).

Laju deformasi hari ini lebih besar dari laporan aktivitas Gunung Merapi pada Rabu (11/11) tercatat sebesar 12 cm per hari. Selain itu, dari pengamatan hari ini pukul 00.00-12.00 WIB terpantau asap kawah dengan tinggi 50 meter-75 meter.

“Asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 50 meter-75 meter di atas puncak kawah,” ungkapnya.

Hingga saat ini, Hanik mengatakan status Gunung Merapi Siaga (level III). BPPTKG mengimbau agar semua aktivitas pertambangan maupun wisata di KRB III untuk dihentikan.

“Status Merapi Siaga. Penambangan di alur sungai-sungai yang berhulu di Merapi dalam KRB III direkomendasikan untuk dihentikan. Pelaku wisata agar tidak melakukan kegiatan wisata di KRB III Merapi termasuk kegiatan pendakian ke puncak Merapi,” pungkasnya. (*)

Loading...
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: