Dianggap Mencla-mencle Pemkab Didemo Ratusan Warga

BNews—MAGELANG— Ratusaan  pemuda dari berbagai daerah di Kabupaten Magelang menggelar aksi unjuk rasa di halaman Pemkab Magelang, pagi tadi. Mereka menilai pemerintah tidak pro investasi dan terkesan mencla-mencle.
            Dengan membawa berbagai poster dan gambar, massa berorasi di depan kantor Bupati Magelang. Mereka mempersoalkan kebijakan Pemkab Magelang yang berubah-ubah terutama terkait pemberian ijin sebuah perusahaan.
            ”Pemkab Magelang ternyata tidak pro invesntasi. Banyak investor masuk namun ditolak padahal Pemkab Magelang sendiri tidak pernah ada program yang menyentuh masyarakatnya secara langsung,” kata Pujiyanto, koordinator aksi.
            Salah satu contoh yang dipersoalkan adalah terbitnya surat keputusan tentang ijin pembangunan pabrik kaos tangan di Deyangan Kecamatan Mertoyudan. Pemkab Magelang melalui DPU ESDM telah memberikan surat persetujuan lokasi bernomor 650/1793/25/2015. Yang kemudian disusul oleh SK Bupati Nomor 180.182/345/KEP/59/2016 tentang izin penggunaan pemanfaatan tanah untuk bangunan pabrik tersebut.

            ”Setelah ijin itu warga sekitar menyambut baik. Karena ini berarti ada lapangan pekerjaan baru buat warga sekitar. Tapi ternyat itu semua dicabut,” jelas dia.
            Anehnya pencabutan itu hanya berjarak beberapa hari setelah SK tersebut dikeluarkan. ”Alasan pencabutan tidak sesuai dengan tata ruang. Padahal sebelumnya DPU ESDM telah mengeluarkan surat bahwa lokasi itu bisa didirikan pabrik dan tidak melanggar tata ruang,” paparnya.
            Kepala DPU ESDM Kabuapten Magelang Sutarno membenarkan jika adanya pencabutan surat tersebut. Menurutnya, hal itu dilatarbelakangi masukan dari Kementrian Pendidikand an Kebudayaan. Dimana kawasan itu termasuk kawasan strategis nasional Borobudur. ”Sehingga harus dicabut,” tuturnya. (bn1)

            
Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: