Diburu Polisi Sebulan, Warga Grabag Magelang Akhirnya Diringkus

BNews–NGABLAK– Buronan kasus pencurian sepeda motor diamankan Polsek Ngablak. Pelaku diamankan setelah diburu selama sebulan.

Kapolsek Ngablak Iptu Sukamto mengatakan penangkapan ditangkap di rumahnya di daerah Kecamatan Grabag. Penangkapan ini kerjasama tim Subdit Jatanras Polda Jateng dan Reskrim Polsek Ngablak.

“Pelaku pencurian sepeda ini diidentifikasi bernama Parju alias Parnan alias Suroto, 35 . Ia merupakan  warga Desa Ketawang Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang,” katanya (26/5/2020).

Pelaku ini diamankan petugas gabungan pada 21 April 2020 lalu. “Pelaku ini menjadi buron setelah melakukan pencurian sepeda motor milik Riyanto, 45 warga Dusun Banjaran Desa magersari Ngablak. Ia melakukan aksinya pada 21 Maret 2020 di rumah korban,” imbuhnya.

Kapolsek menjelaskan kronologi kejadian pencurian bermula korban bangun tidur sekitar pukul 04.45 wib di rumahnya. “Saat terbangun itu, korban mengetahui pintu rumah bagian depan dalam keadaan terbuka. Kemudian korban mengecek sepeda motor yang berada diruang tengah yang semula berjumlah 4 unit ternyata tinggal 3 unit. Serta HP milik anak korban yang berada di atas meja juga tidak ada di tempatnya,” papar IPTU Sukamto.

Saat itu korban langsung melapor ke Polsek Ngablak, dan petugas mendatangi rumahnya untuk olah TKP dan meminta keterangan korban. ” Setelah di Cek diketahui kedaraan yang hilang jenis Jupiter Z nopol H-2306-DV, tahun 2008, warna hitam merah. Serta HP merk Samsung J2 Prime warna Gold tidak ada di tempatnya. Saat itu korban menelan kerugian Rp. 9,5 juta,” ujarnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)
Loading...

Setelah melakukan serangkain penyelidikan, petugas mendapat informasi terduga pelaku berada di wilayah Kecamatan Grabag Magelang. “Setelah dilakukan pengintaian juga, pelaku berhasil diamankan di rumahnya beserta barang bukti sepeda motor dan HP milik korban. Dan saat dintrogasi singkat, pelaku mengakui perbuatannya,” terang IPTU Sukamto.

Pelaku ini, lanjutnya ternyata merupakan salah satu residivis yang baru saja menghuni sel tahanan di Lapas Magelang selama 1 tahun 6 bulan. Hal itu karena sekitar tahun 2018 melakukan pencurian dengan pemberatan.

“Dan ternyata pelaku ini tahun 2016 juga pernah mendekam di tahanan karena kasus penggelapan. Kini berulah lagi di wilayah Ngablak,” tegas Kapolsek.

Tersangka kini menghuni di Rutan Polsek Ngablak beserta barang buktinya guna dilakukan penyidikan dan pengembangan lebih lanjut. “Pelaku kita jerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman maksimal 7 tahun penjara,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: