Dikunjungi 15 Orang Perhari Ngawen Deklarasi Jadi Desa Wisata

 BNews–MAGELANG– Satu lagi desa wisata di Kabupaten Magelang yang hadir. Yakni Desa Ngawen Kecamatan Muntilan. Desa itu memiliki sebuah candi yang disebut Candi Ngawen.
       Candi Ngawen merupakan maskot utama dari Desa Wisata Desa Ngawen yang diharapkan menarik wisatawan untuk berkunjung,” kata Bambang Siswojo, tokoh masyarakat Desa Ngawen, disela peresmian Desa Ngawen sebagai Desa Wisata.
          Candi bercorak Buddha ini memang belum sepopuler Candi Borobudur dan Candi Mendut yang hanya berjarak belasan kilometer saja. Beberapa sumber menyebutkan, Candi Ngawen merupakan peninggalan raja-raja wangsa Sailendra abad ke-8 pada zaman Kerajaan Mataram Kuno.
        Di dalam komplek Candi terdapat lima buah candi kecil, dua di antaranya mempunyai bentuk yang berbeda dengan ornamen patung singa pada keempat sudutnya. Kemungkinan besar candi ini merupakan bangunan suci yang tersurat dalam prasasti Karang Tengah pada tahun 824 M.
       “Kunjungan disini tergolong sedikit dibanding Candi Borobudur dan Candi Mendut. Setiap hari, rata-rata 15-20 wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang datang,” kata dia. (ie)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: