Leher Kaku Saat Bangun Tidur? Begini Cara Mengatasinya

BNews—NASIONAL—Ada sebagian orang yang ketika baru bangun, merasakan lehernya kaku. Hal tersebut tentunya  menimbulkan ketidaknyamanan sebab berpotensi menimbulkan nyeri dan terbatasnya gerak.

Kondisi leher seperti itu biasanya terjadi karena kepala atau leher mungkin bertahan pada posisi yang tidak nyaman dalam waktu yang lama saat tidur. Atau karena gerakan tiba-tiba saat tidur sehingga bisa membuat leher tegang atau terkilir.

Bila sakit leher tidak memiliki gejala lain dan tidak berjangka waktu lama, anda dapat melakukan beberapa cara yang dapat dicoba di rumah. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan yang dilansir dari berbagai sumber :

Terapi Es

Oleskan es atau kompres dingin ke bagian leher yang kaku selama 10 hingga 20 menit setiap kali. Hal ini bisa membantu mengurangi peradangan pada otot leher.

Terapi Panas

Terapi ini seperti mandi air hangat atau menggunakan bantal pemanas. Hal ini dapat membantu mengendurkan otot yang bisa mengurangi nyeri dan meningkatan rentang gerak.

Peregangan Lembut

Tubuh yang kurang gerak bisa memberikan tekanan berlebih pada otot leher. Sehingga ada bisa melakukan peregangan secara lembut.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kelenturan secara bertahap tanpa menyebabkan lebih banyak rasa sakit. Selain itu tangan dan jari bisa digunakan untuk memijat area leher yang sakit selama tak menambah rasa sakit.

Obat Nyeri

Bila rasa sakit cukup parah hingga membuat pergerakan terbatas, maka anda bisa meminum obat yang mungkin disarankan.

Kalau rasa sakit dan kekakuan cukup parah sehingga membatasi pergerakan ke satu arah atau lebih

Perbaiki Posisi Tidur

Memperbaiki posisi tidur bisa mencegah terjadinya leher kaku atau tegang. Salah satu posisi yang harus dihindari adalah tengkurap.

Sebab posisi tengkurap mengharuskan kepala anda untuk menghadap ke kiri atau kanan dalam waktu yang lama.

Mengubah Aktivitas

Kurangi aktivitas yang menyebabkan stres, sebab stres bisa menjadi salah satu penyebab leher kaku dan nyeri. Beberapa cara bisa dilakukan untuk mengatasi leher kaku seperti meditasi, membaca buku dan mendengarkan musik. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: