Duh, Badan Lemas Terus-terusan? Mungkin Ini Penyebabnya

BNews—KESEHATAN— Ada banyak hal yang menjadi penyebab badan lemas dan lesu terus menerus. Mulai dari kurang tidur hingga kurang makan makanan bergizi.

Umumnya, badan yang lemas dan lesu bisa sembuh dengan cepat. Namun Anda perlu waspada bula kondisi tersebut berlangsung secara terus menerus.

Lantas, apa saja yang mempengaruhi badan hingga mengalami lemas dalam jangka waktu yang panjang? Berikut daftar dan penjelasannya!

Kurang tidur

Kurang tidur dapat menjadi salah satu penyebab badan lemas dan kelelahan yang umum. Tubuh yang terjaga dalam kurun waktu 20 jam sehari, rentan mengalami kelelahan ekstrem jika dilakukan lebih dari 7 hari.

Baiknya, Anda tidur atau istirahat sekurang-kurangnya 6 sampai 7 jam perhari. Pastikan juga tidur di kasur yang nyaman dan mengatur pola jam tidur Anda agar teratur. Hindari menggunakan ponsel, laptop, serta menonton televisi sebelum tidur, guna mendapatkan kualitas tidur yang baik dan cukup.

Sleep apnea

Sleep apnea adalah sebuah gangguan tidur yang menjadi salah penyebab badan lemas. Gejala gangguan tidur ini dialami dengan kondisi tubuh berhenti bernapas sesaat pada waktu tidur.

Kebanyakan orang tidak sadar hal ini sedang terjadi, tapi bisa menyebabkan dengkuran keras, dan akhirnya badan terasa sangat lelah di siang hari. Sleep anea ini, juga bisa disebabkan oleh berat badan yang berlebih, merokok, dan sering mengonsumsi alkohol.

Kurang makan makanan bergizi

Pada dasarnya, apa yang Anda makan dapat memengaruhi seberapa banyak energi yang bisa Anda keluarkan. Pasalnya, kurang makan atau kurang gizi dapat menjadi salah satu penyebab badan lemas dan letih.

Terlebih, jika makanan yang Anda makan mengandung zat gula yang tinggi. Gula darah akan melonjak seketika dan menurun dalam waktu singkat pula. Dijamin, setelah Anda memakannya, Anda pun akan merasakan ngantuk, lemas dan lelah.

Baiknya, usahakan untuk melakukan diet seimbang, lengkap dengan buah, sayuran, makanan kaya serat, dan protein. Hal tersebut bertujuan menghindari kondisi tubuh agar tidak gampang lemas.

Anemia

Anemia akibat kekurangan zat besi, adalah salah satu penyebab badan lemas bagi kebanyakan wanita. Mengapa demikian? Sel darah merah dan zat besi merupakan salah satu unsur penting untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Nah, tanpa zat besi yang cukup, tubuh akan sulit mendapatkan oksigen untuk diolah menjadi energi.

Kondisi ini sering terjadi pada wanita yang sedang mengalami masa menstruasi atau kehamilan. Tak jarang, banyak wanita yang mengidap anemia.

Jika menderita anemia, tidak ada salahnya Anda mengonsumsi makanan yang kaya zat besi. Anda bisa mendapatkannya dari sumber makanan seperti kentang, daging, kacang-kacangan, dan beras merah. Konsultasikan juga pada dokter, guna mendapatkan asupan suplemen zat besi dalam dosis yang tepat.

Kebanyakan mengonsumsi kafein

Sebagian orang mengira, kalau mengonsumsi kafein bisa bikin energi bertambah dan tubuh pun menjadi bugar setelahnya. Sayangnya, anggapan ini sebetulnya tidak terlalu benar.

Tubuh yang terlalu banyak mengonsumsi kafein, rentan untuk membuat badan jadi lebih lemas segera setelah efek kafein memudar. Selain itu gelisah, insomnia dan tekanan darah tinggi, juga bisa Anda alami kalau minum atau mengonsumsi kafein secara berlebih.

Hipotiroidisme

Tiroid adalah kelenjar yang mengatur metabolisme tubuh, guna mengubah gizi yang masuk menjadi energi dalam tubuh. Kelenjar tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme), dapat menyebabkan badan mudah lemas, depresi, dan penambahan berat badan secara berkala. Untuk mengobati hipotiroidisme ini, Anda bisa melakukan tes darah untuk mendapatkan hasil yang pasti. (mta)

Sumber: hellosehat

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: