Dukung Ketahanan Pangan, PJ Bupati Magelang Serahkan 15000 Tanaman Cabai

BNews-MAGELANG-  Pertanian memiliki peran yang penting dan strategis dalam mendukung perekonomian nasional; terutama dalam mencapai ketahanan pangan, peningkatan daya saing, penyerapan tenaga kerja, dan penanggulangan kemiskinan.

Pj Bupati Magelang, Sepyo Achanto, menyampaikan hal ini saat menghadiri acara penyerahan tanaman cabai; untuk pengembangan komoditas strategis pertanian di Polbangtan Yogyakarta Magelang (Yoma), Tegalrejo, pada Kamis (1/2/2024).

Menurut Sepyo, penyerahan 15.000 tanaman cabai hari ini bukan hanya sebagai simbol, tetapi juga sebagai komitmen bersama dalam mendukung produksi pertanian sebagai sektor yang sangat penting.

“Dengan kegiatan ini, saya berharap dapat meningkatkan ketahanan pangan, pendapatan petani, dan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” harap Sepyo.

Penyerahan cabai ini bertujuan untuk memperkuat integrasi sosial dalam kehidupan masyarakat, meningkatkan; kepedulian dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan pertanian, terutama ketahanan pangan; serta meningkatkan pemberdayaan masyarakat agar dapat mandiri dalam membangun diri dan lingkungan.

“Saya pesan kepada penerima bantuan tanaman cabai ini untuk memanfaatkannya dengan baik dan mengelolanya sehingga dapat menjadi contoh bagi kelompok tani lainnya,” pesan Sepyo.

Sepyo juga meminta kepada petani dan masyarakat luas untuk memanfaatkan lahan yang dimiliki dengan; menanam apa saja yang dapat dimanfaatkan sehari-hari, seperti tanaman cabai.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Paling tidak, ketika harga cabai tinggi, kita dapat mengambil dari pekarangan sendiri,” katanya.

Sementara itu, Direktur Polbangtan Yoma, Bambang Sudarmanto, menyampaikan bahwa bibit cabai merupakan; salah satu komoditas strategis yang dicanangkan oleh Presiden dan Kementerian Pertanian, selain padi, jagung; kedelai, bawang merah, bawang putih, tebu, daging sapi, dan kerbau.

Oleh karena itu, ia berharap masyarakat dapat berkontribusi dalam memanfaatkan lahan kosong untuk pertanian; salah satunya dengan sistem polibag atau metode sederhana menggunakan media tanah.

“Terlebih di Kabupaten Magelang yang memiliki wilayah pegunungan dengan suhu dingin, hal ini sangat mendukung; pertumbuhan tanaman hortikultura, terutama tanaman cabai,” ungkap Bambang.

Program penanaman cabai di pekarangan yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian akan dilaksanakan di 33 provinsi di seluruh Indonesia, dengan target penanaman 1 juta pohon cabai. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: