IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Empat Lokasi Wisata Populer di Kecamatan Kaliangkrik Magelang

BNews–MAGELANG– Lokasi wisata di lereng gunung Sumbing di Kabupaten Magelang beberapa waktu terakhir memang viral dan hits di media sosial.

Akibatnya banyak pengunjung lokal maupun luar daerah datang untuk berkunjung.

Daerah tersebut yakni di Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang. Terdapat beberap lokasi wisata yang viral sejak akhir tahun 2019 hingga sekarang pertengahan tahun 2020.

Di Kecamatan tersebut terdapat sedikitnya empat lokasi yang viral. Bukan hanya viral, namun memang layak kalian kunjungi

Selain keindahan gunung sumbing beserta alamanya terdapat bangunan dan air terjun. Yang tentunya masih alami, sedikit tambaha  poleras spot foto menarik.

Tentunya kalian penasaran dimana saja lokasi tersebut. Dan segera agendakan bersama orang kesayangan kalian.

Berikut Borobudurnews.com mencoba merangkaum empat lokasi wisata terpopuler di Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang :

Loading...
Dusun Butuh Kaliangkrik (Nepal Van Java)
KEREN : Wisatawan makin banyak berdatangan ke Dusun Butuh Desa Temanggung Kecamatan Kaliangkrik ini. (foto : phinemo)

Diakui atau tidak, selama ini, sebagian besar wisatawan hanya mengenal Candi Borobudur sebagai objek wisata di Magelang dan Jawa Tengah. Sehingga tujuan terkonsentrasi di tempat tersebut. Untuk mengatasi kejenuhan turis akan wisata percandian, saat ini mulai dikembangkan potensi wisata lain, termasuk desa wisata sebagai wisata andalan dan alternatif tujuan liburan.

Desa wisata sendiri dapat dikatakan sebagai sebuah kawasan pedesaan yang memiliki beberapa karakteristik khusus untuk menjadi daerah tujuan wisata. Di kawasan ini, penduduknya biasanya masih memiliki tradisi dan budaya yang relatif masih asli. Selain itu, beberapa faktor pendukung seperti makanan khas, sistem pertanian, dan sistem sosial turut mewarnai sebuah kawasan desa wisata.

Nah, jika Anda juga berencana liburan ke desa wisata, Anda bisa meluncur langsung ke Kaliangkrik, Magelang. Di daerah ini, terdapat Dusun Butuh, Desa Temanggung, yang dikatakan punya pesona alam mirip dengan Pegunungan Himalaya di Nepal.

Berada di ketinggian sekitar 1.700 meter di atas permukaan laut, Desa Butuh merupakan salah satu desa tertinggi di Magelang yang berada di kaki Gunung Sumbing.

Ketika Anda liburan ke tempat ini, Anda akan dibuat takjub dengan pemandangan rumah-rumah yang berjejer rapi dan seolah bertingkat di bawah lereng gunung.

Sebelumnya, tempat ini merupakan ladang pertanian warga, sehingga bangunan rumahnya menjadi mengikuti kontur lahan, yakni dari bawah memanjang terus ke lereng paling atas. Yang unik, tata letak bangunan mirip anak tangga, karena awalnya terbentuk dari terasering dan berada di tempat yang tinggi. Karena keindahan tersebut, dusun ini akhirnya menjadi perbincangan hangat di media sosial sekitar tahun 2019 lalu.

Silancur Highland Magelang
KEREN : Wisata Silancur Highland menawarkan keindahan alam yang tidak biasa. (Foto : instagram)
KEREN : Wisata Silancur Highland menawarkan keindahan alam yang tidak biasa. (Foto : instagram)

Masih seputar pesona Gunung Sumbing, wisatawan juga bisa meluncur ke Silancur Highland atau Gardu Pandang Silancur. Mulai hits sekitar tahun 2019, tempat wisata ini terletak di Dusun Dadapan, Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Jika Anda berangkat dari pusat kota, perlu menempuh perjalanan sejauh 18 km untuk tiba di tempat eksotis ini.

Juga sering dijadikan basecamp para pendaki Gunung Sumbing, Silancur Highland memiliki lanskap pegunungan yang menakjubkan. Salah satu spot kece yang menarik atensi banyak pelancong adalah taman bunga. Bunga warna-warni terhampar di kaki Gunung Sumbing, menawarkan pemandangan yang indah tiada tara. Belum lagi ada miniatur rumah hobbit di tengah-tengahya, pas dijadikan latar untuk swafoto.

Untuk mereka yang ingin merasakan kenikmatan berkemah, tempat ini juga menyediakan arena camping atau camping ground. Wisatawan dapat mendirikan tenda di lahan yang telah disediakan. Meski tidak berada di puncak gunung, panorama yang disajikan tidak kalah kece. Anda bisa melihat matahari terbit dan perkebunan di pagi hari. Sementara, malamnya, Kota Magelang dengan kerlap-kerlip lampu di kejauhan menjadi suguhan yang memanjakan mata.

Air Terjun Mangli

Masih di daerah Mangli, apabila traveler ingin merasakan yang segar-segar, terdapat air terjun elok dan jernih yang bisa dikunjungi. Dikutip dari situs resmi Pemerintah Kabupaten Magelang, ada belasan air terjun di tempat ini, seperti Air Terjun Bima, Air Terjun Nakula-Sadewa, hingga Air Terjun Janaka, yang siap menyambut wisatawan dengan guyuran airnya yang segar dan jernih, pemandangan yang oke, serta udara yang dingin karena memang berada di dataran tinggi.

Belasan air terjun Mangli seakan berada di antara negeri di atas awan, lokasinya tersebar di antara pemukiman warga tertinggi lereng Gunung Sumbing. Dibutuhkan waktu hanya sekitar 10 menit dari basecamp gardu pandang Desa Mangli untuk mencapai air terjun pertama. Kelok jalan setapak tanah berpagar rumput dan pohon pinus menjadi rute menuju lokasi pertama dari belasan air terjun yang ada di desa tersebut.

Menurut pihak pengelola Desa Wisata Mangli, perjalanan bagi pengunjung relatif mudah dijangkau dengan berjalan kaki. Lokasi air terjun pertama berada di antara lembah Gunung Sumbing yang tidak jauh dari pemukiman warga. Mengenai tiket masuk, pengelola cuma mematok harga Rp5 ribuan per orang. Sementara, jika ingin menggunakan jasa ojek, dikenakan biaya tambahan.

Mangli Sky View
Sunrise di Wisata Alam Mangli Kaliangkrik Kabupaten Magelang (Foto-- Ajar Buruh Foto)
Sunrise di Wisata Alam Mangli Kaliangkrik Kabupaten Magelang (Foto– Ajar Buruh Foto)

Gardu Pandang Mangli Sky View Magelang Jawa Tengah belakangan ramai diperbincangkan di media sosial. Sebuah spot wisata yang sangat bagus untuk menikmati keindahan gunung Sumbing. Tempat ini juga menjadi spot terbaik untuk menyaksikan panorama sunrise maupun sunset.

Mangli Sky View kini menjadi destinasi wisata alam yang favorit di Magelang. Meski baru dihadirkan, namun masyarakat banyak yang antusias mendatangi wisata alam ini. Meski wisata ini dibangun dengan konsep yang sederhana, namun suguhan alam di kawasan ini benar-benar membuat decak kagum. Pesona keindahan gunung Sumbing terpancar jelas dan mengagumkan.

Di tempat ini tersedia aneka gardu pandang sebagai spot yang Instagramable. Spot inilah yang sangat digemari para pengunjung untuk berswafoto. Panorama alam di belakangnya tampak sangat indah, termasuk juga view gunung Sumbing yang agung dan mempesona. Dengan berfoto di spot ini tentu dapat menghasilkan foto dengan keindahan yang sempurna.

Mengenai suasana di wisata ini jangan ditanya, sudah pasti nyaman sekali karena jauh dari suara bising kendaraan maupun polusi. Berada di ketinggian 1.570 Mdpl tempat ini udaranya sangat sejuk, dan saat malam terasa banget dinginnya. Suasana yang terkesan natural seperti ini tentu sulit didapati di kawasan kota.

Tempat wisata ini patut dijadikan sebagai tempat untuk menghilangkan rasa suntuk. Khususnya bagi kamu yang setiap harinya selalu sibuk dengan urusan pekerjaan, sampai-sampai tidak terpikirkan untuk mengunjungi tempat yang bagus. Maka, hadirnya wisata alam Mangli ini bisa menjadi tempat pilihan untuk menghibur diri sejenak, melupakan urusan yang bikin stress pikiran. Dengan begitu hidup akan menjadi lebih berwarna dan bagahia karena tidak memulu memikirkan pekerjaan.

Suguhan alam yang tersaji di wisata alam ini bisa bikin mata terpana. Bagaimana tidak, pemandangan gunung tampak sangat mempesona, belum lagi berbagai keindahan alam lainnya berupa perbukitan hijau serta panorama kota yang tampak eksotis dimalam hari karena memancarkan cahaya lampu-lampu kota. Tentu sayang bila bila kamu yang saat ini sedang berada di Magelang melewatkan tempat seindah ini.

DOWLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Tidak bisa dipungkiri bahwa pemandangan alam di sekitar wisata ini benar-benar memanjakan mata. Gunung Sumbing yang terkenal sebagai gunung untuk pendakian bisa kamu nikmati keindahannya dari angle terbaik. Menariknya lagi, tersedia spot-spot gardu pandang yang dibangun untuk mendukung aktivitas berburu foto. Selain itu, bila belum puas seharian berada di tempat ini, masih ada opsi untuk camping. Sudah tersedia camping ground serta peralatan camping di tempat ini, jadi kamu tidak perlu khawatir.

Objek wisata ini berada di ujung barat Magelang, dimana lokasinya cukup jauh dari keramaian kota. Sehingga para pengunjung dapat menikmati suasana yang tenang dan nyaman di wisata ini. Lokasinya terletak di Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah.

Menemukan lokasi wisata ini tidak terlalu sulit, karena area ini merupakan basecamp pendakian gunung Sumbing melalui Mangli Kaliangkrik. Jarak wisata ini juga dekat dari wisata Silancur Highland yang sebelumnya juga sempat hits di kalangan wisatawan. Tak heran, karena memang kawasan Mangli, Kaliangkrik dan sekitarnya memiliki potensi wisata alam yang sangat besar, pemandangan alamnya sangat bagus dan pastinya menarik untuk dieksplore. (*/bsn)

DATA LENGKAP JALAN JALAN DI MAGELANG (KLIK)
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: