Fakta Menarik Tentang Candi Mendut Magelang yang Wajib Kamu Ketahui!

BNews-MAGELANG- Candi Mendut, salah satu candi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, ternyata populer sebagai destinasi wisata edukasi dan sejarah bagi para wisatawan, teman-teman. Tapi taukah kamu, ada beberapa fakta unik tentang Candi Mendut yang menarik loh!

Pertama, letaknya tuh di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gak jauh-jauh dari Yogyakarta, cuma sekitar 38 km ke arah barat laut.

Nah, kabarnya juga Candi Borobudur itu cuma sekitar tiga kilometer aja dari Candi Mendut! Keren kan?

Berikutnya, Candi Mendut ini didirikan oleh RCandi Mendut, Destinasi Wisata yang Menarik di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Ini dia fakta-fakta unik mengenai Candi Mendut di Kabupaten Magelang yang bikin penasaran!

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)
  1. Lokasi yang Strategis

Candi Mendut terletak di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Tempatnya cukup strategis, hanya sekitar 38 km dari Yogyakarta dan hanya beberapa kilometer dari Candi Borobudur yang terkenal.

  1. Pendiri Candi yang Terkenal

Candi Mendut didirikan oleh Raja Dharanindra atau Indra dari Wangsa Syailendra pada tahun 824 M. Bukti pendiriannya tertulis dalam Prasasti Karangtengah yang berasal dari tahun tersebut.

  1. Nama yang Tersohor

Nama “Mendut” dikaitkan dengan Raja Indra yang kemudian memberikan nama pada desa di sekitar candi. Sejarawan menduga bahwa Raja Indra adalah Sri Maharaja Rakai Panunggalan, Raja Ketiga Kerajaan Medang yang juga dikenal sebagai Kerajaan Mataram Kuno.

  1. Pemugaran yang Bersejarah

Antara tahun 1897 hingga 1904, Candi Mendut mengalami penggalian dan pemugaran oleh pemerintah Hindia-Belanda. Bagian kaki dan tubuh candi berhasil direkonstruksi pada tahap ini. Pemugaran berlanjut pada tahun 1908 oleh Theodoor van Erp, dan tahap akhirnya baru selesai pada tahun 1925.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)
  1. Wihara Buddha Mendut

Di sebelah Candi Mendut terdapat sebuah wihara Buddha yang indah. Di dalamnya terdapat asrama tempat beribadah, taman yang indah, dan beberapa patung Buddha yang menawan. Di pintu masuk wihara, kamu akan disambut oleh sepasang patung naga dengan mulut terbuka, di dalamnya terdapat makhluk mirip singa. Di bawah naga terdapat panel bergambar makhluk kerdil atau Ghana.

  1. Relief dan Patung yang Menakjubkan

Di dinding kaki candi, kamu akan menemukan 31 panel berisi pahatan bunga dan sulur yang menawan. Sedangkan di lorong luar candi, terdapat saluran air atau jaladwara dengan atap yang terdiri dari tiga gugus yang semakin kecil ke atas. Di dalam bilik candi, kamu akan menemukan tiga arca Buddha Sakyamuni, Avalokitesvara, dan Maitreya yang melambangkan pentingnya ajaran Buddha.

  1. Indahnya Stupa-stupa

Di puncak Candi Mendut terdapat 48 stupa yang indah. Pada tingkat pertama terdapat 24 stupa, tingkat kedua memiliki 16 stupa, dan tingkat teratas memiliki 8 stupa. Stupa-stupa ini melambangkan tumpukan batu suci dan menjadi tempat peringatan ajaran Buddha.

Itulah 7 fakta unik mengenai Candi Mendut yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, kunjungi candi ini dan nikmati pesonanya! (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: