IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Gadaikan Mobil Rental untuk Urus Kematian, Warga Salaman Dipenjara

BNews—MAGELANG— Seorang karyawan swasta berinisial AN, 38, warga Karangsari, Ngargoretno, Salaman, Kabupaten Magelang, nekat menggadaikan mobil rental. Kasus penggelapan itu berhasil diungkap Polres Magelang Kota.

AN ditangkap polisi usai korban, Kus Indrati warga Kramat Utara, Magelang Utara yang merasa tertipu melaporkan ke polisi lantaran mobil yang dipinjam korban tidak kunjung kembali. Pelaku semula berniat menyewa mobil milik korban selama satu pekan untuk dipakai sendiri. Namun pelaku malah menggadaikannya ke orang lain.

Kapolres Magelang Kota AKBP Idham Mahdi menjelaskan, awalnya tersangka menyewa mobil Grand Livina milik korban pada akhir Oktober 2019 lalu. Saat menyewa, pelaku berjanji untuk mengganti salah satu ban mobil lantaran beberapa bagian sudah tidak layak pakai.

”Upaya untuk merayu korban, pelaku lakukan dengan janji mengganti ban mobil yang sudah kelihatan kawatnya. Agar korban yakin. Bila pelaku memang benar-benar menyewa dan dipakai sendiri,” jelas Idham belum lama ini.

Rupanya mobil tersebut tak dipakai AN. Pelaku justru meminjamkannya kepada YL alias Bandit karena datang sambil meminjam uang. Bandit beralasan kehabisan uang karena sudah digunakan untuk mengurus kematian saudaranya.

”Ternyata AN tidak punya. Lalu muncul ide agar mobil itu digadaikan,” terangnya.

Pelaku akhirnya menggadaikan mobil rental ke teman berinisial ANT di Ngluwar, Kabupaten Magelang. Dari hasil gadaian, pelaku mendapatkan Rp 10 juta dipotong biaya administrasi menjadi Rp 9 juta.

Loading...

”Semua uang diberikan ke AN,” kata dia.

Korban yang sadar telah ditipu langsung melapor ke polisi. Usai menerima laporan, Tim Resmob Polres Magelang langsung bergerak mengamankan pelaku di Kawasan Srumbung berikut mobil yang sempat digelapkan.

Pelaku pun terancam terjerat Pasal 378 KUHP jo Pasal 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman hukuman pidana empat tahun. (han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: