Ganjar : Tinggal Tiga Daerah di Jateng Zona Merah, Magelang Salah Satunya

BNews—JATENG—Gubernur Jawa Tengah (Jateng ) Ganjar Pranowo menuturkan hingga saat ini tinggal tiga daerah diwilayahnya yang masuk kategori zona merah. Hal tersebut disampaikannya usai rapat percepatan penanganan Covid-19 di gedung A lantai 2 kantor Gubernur Jateng, siang ini (15/6/2020).

Terhadap tiga daerah yang masih zona merah tersebut, Ganjar akan segera mengirimkan surat khusus. Dimaksudkan agar kepala daerah di tiga wilayah itu semakin memperketat kegiatan masyarakatnya.

“Dari laporan dan analisis semuanya, yang masih zona merah tinggal Kota Semarang, Kabupaten Demak dan Kabupaten Magelang. Sementara lainnya sudah masuk zona kuning, bahkan Banyumas dan Wonosobo sudah cenderung hijau,” ungkapnya.

Lanjutnya, pemberian surat tersebut karena dirinya melihat masyarakat masih banyak yang tidak menerapkan protokol kesehatan. Contohnya di Kota Semarang, masih banyak orang berkerumun, tanpa jarak dan tidak memakai masker.

“Kemarin saya sepedaan di Kota Lama dan Simpang Lima. Banyak warga, seperti saat ada event saja. Ini kan bahaya, makanya akan saya buat surat khusus agar kegiatan semacam itu dibatasi bahkan diperketat,” imbuhnya.

Sementara untuk daerah yang sudah kuning, Ganjar mengimbau tetap berhati-hati sebab tidak menutup kemungkinan, penyebaran Covid-19 akan kembali terjadi. Dirinya meminta seluruh bupati/walikota di Jateng melakukan penataan khususnya di tempat publik.

“Saya minta seluruh pasar tradisional di Jateng ditata kalau perlu ditutup selama tiga hari dan kemudian ditata jaraknya. Termasuk adanya petugas yang berjaga agar pedagang dan pembeli semuanya aman,” tutur Ganjar.

Loading...

Selain itu, dirinya meminta tracing penyebaran Covid-19 untuk ditingkatkan. “Saya minta laboratorium meningkatkan kapasitasnya. Kalau biasanya hasil lab tiga hari jadi, saya minta sehari selesai. Semua lab on selama 24 jam untuk keperluan ini,” tandasnya.

Sementara itu, Tim Ahli Gugus Tugas COVID-19 Jateng, Anung Sugihanto menjelaskan, beberapa daerah di Jateng menunjukkan grafik landai. Bahkan beberapa sudah masuk zona hijau, sementara lainnya masuk zona kuning.

Download Musik Keren Disini

Namun, dirinya meminta semua daerah tetap hati-hati dan jangan terlalu cepat mengambil kebijakan new normal. Sebab, tidak menutup kemungkinan potensi pandemi Covid-19 kembali terjadi.

”Seperti Kebumen kemarin itu menurut kami terlalu dini, sebab dari data saat ini, kasus PDP di daerah itu justru meningkat,” pungkasnya. (lhr/mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: