Ganti Untung Cair! 15 Warga Terdampak Tol Jogja-Solo Terima Rp22 Miliar

BNews—JOGJAKARTA— Proses pembayaran dana ganti untung lahan jalan tol untuk Dusun Kadirojo 2 dan Temanggal 2, Purwomartani, Kalasan terus dilanjutkan, Jumat (30/4/2021). Untuk tahap ke lima ini, Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) menyalurkan dana ganti untung sebesar Rp22 miliar.

Pembayaran dana ganti rugi lahan jalan tol diberikan kepada 14 warga pemilik 15 bidang terdampak. Hal ini disampaikan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PBJH) Jogja-Solo, Wijayanto.

”Totalnya (dana ganti untung) yang diberikan besok (hari ini) ada 15 bidang dengan nilai nominal Rp22 miliar,’ kata pria yang biasa disapa Totok, Kamis (29/4).

Dari jumlah tersebut, dana ganti untung yang disalurkan terendah sebesar Rp425 juta dan tertinggi sebesar Rp2,6 miliar. Mereka yang menerima dana merupakan warga yang pada tahapan sebelumnya belum menerima dana ganti untung sesuai yang disepakati.

Hingga kini, masih ada beberapa warga yang belum menerima dana ganti untung. Namun ia belum dapat memastikan jumlahnya. Meskipun begitu, proses pembayaran dilakukan tetap sesuai prosedur.

DPD PKS Magelang Ramadhan

”Ada yang sudah maju SPP (Surat Perintah Pembayaran) ke LMAN. Ada yang sedang proses SPP dan ada yang belum bisa dibayar (masih ada sengketa antar ahli waris),” jelasnya.

Dukuh Kadirojo 2 Purwomartani, Petrus Budi Santosa mengatakan, dari 80 pemilik lahan terdampak di Dusun Kadirojo 2 ada sekitar tujuh warga yang belum menerima ganti untung. Warga terdampak masih menunggu proses pencairan dari LMAN.

”Ada rencana, Jumat ini dicairkan oleh LMAN. Tapi belum semuanya. Saya tidak tahu kendalanya apa. Yang jelas seluruh persyaratan yang dibutuhkan sudah clear,” ujarnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DI SINI)

Sekadar diketahui, proses pembayaran ganti untung bagi warga terdampak tol Jogja-Solo dilakukan sejak 8 Januari lalu. Saat itu, 25 warga pemilik bidang menerima ganti untung total sebesar Rp26,26 miliar.

Tahap kedua, LMAN menyalurkan dana ganti untung sebesar Rp57 miliar bagi 62 warga pemilik bidang. Pada tahap ketiga, sebanyak 136 pemilik bidang terdampak di Temanggal 2 mendapatkan dana ganti untung total Rp182,98 miliar.

Dan tahap keempat ini, sebelas pemilik bidang di Kadirojo 2 menerima ganti untung total sebanyak Rp24,8 miliar. Total, LMAN sudah menyalurkan sedikitnya Rp290,9 miliar bagi 234 pemilik bidang terdampak. Rata-rata warga menerima ratusan juta hingga miliaran rupiah. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: